Ini Kuncinya Agar Pintu Rezeki Terbuka Lebar

Rusmanto
Rusmanto

Ini Kuncinya Agar Pintu Rezeki Terbuka Lebar ilustrasi

Winnetnews.com - Sebelum bahas tentang gimana cara membuka pintu rezeki biar makin terbuka lebar, kira-kira menurut kamu konsep rezeki tuh kaya apa sih, guys? Apakah dengan nominal gaji yang besar, selalu diberikan kesehatan, atau dilancarkan segala urusan? Apapun konsep rezeki yang kamu yakini, yang pasti mengacu pada tafsir Syekh Mutawalli Sya’rawi, menjelaskan bahwa rezeki merupakan setiap hal yang bisa memberi manfaat bagi manusia.

Jadi, jelas banget kalau rezeki itu gak terbatas pada harta saja. Segala hal bermanfaat yang Allah anugerahkan pada manusia adalah sebuah rezeki. Nah, agar rezeki yang Allah timpakan padamu makin lancar, ada 10 kuncinya, nih. Coba deh rutin lakukan. InsyaAllah, pintu rezeki kamu makin terbuka lebar.

1. Istigfar dan taubat

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12)

Salah satu penghalang pintu rezeki seorang manusia adalah banyaknya dosa yang telah ia lakukan, baik kecil maupun besar, baik yang disengaja maupun tidak. Maka, untuk menyingkirkan penghalang tersebut, rajin-rajinlah kamu beristigfar dan melakukan taubat nasuha pada Allah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Wahai sekalian manusia. Taubatlah (beristigfar) kepada Allah karena aku selalu bertaubat kepada-Nya dalam sehari sebanyak 100 kali.” (HR. Muslim)

2. Bertakwa pada Allah

Usai menyapu dosa-dosa yang kamu lakukan dengan beristigfar dan taubat, selanjutnya lakukan takwa kepada Allah. Takwa memiliki makna melakukan segala perintah-Nya dan meninggalkan segala larangan-Nya. Saat kamu bertakwa, Allah akan melipatgandakan berkah-Nya padamu dan Dia akan memudahkan rezekimu dari arah yang gak disangka-sangka.

3. Bertawakal pada Allah

Saat kamu bertawakal kepada Allah, artinya kamu hanya menggantungkan dan menyandarkan segala sesuatu pada Sang Pencipta. Dengan begitu, pikiran kamu bakal lebih tenang dan tenteram karena kamu percaya Allah selalu ada bersama kamu. Kamu gak akan khawatir perihal rezeki yang kamu terima karena kamu akan selalu ridho dengan apapun takdir Allah.

Eits, Allah juga akan makin cinta dan menambah kebaikan dalam hidup kamu kalau kamu bertawakal pada-Nya, lho.

4. Khusyuk dalam beribadah

Siapa nih di antara kamu yang masih suka terburu-buru ketika salat? Melakukan salat secara kilat bisa diartikan bahwa kamu belum khusyuk menjalankannya. Padahal khusyuk sangat diperlukan dalam salat dan ibadah yang lain karena ada doa di dalamnya. Sebaik-baik doa itu sendiri ada dalam salat, dan sebaik-baik salat adalah salat yang di dalamnya ada kekhusyukan.

Nah, ketika kamu meminta rezeki yang lancar dan berkah dari Allah, mintalah dengan dua hal, yaitu sabar dan salat. Di dalam salat itulah, kamu perlu memasukkan unsur kesabaran, ketenangan, dan kekhusyukan. Dengan khusyuk, kamu juga akan dilatih untuk selalu fokus dalam melakukan aktivitas, termasuk saat kamu bekerja. Saat kamu sudah khusyuk ibadah dan fokus dalam bekerja, insyaAllah rezeki untukmu akan semakin deras turunnya.

5. Menjalin silaturahmi

“Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”. (Muttafaqun ‘alaihi)

Bukan rahasia umum lagi kalau menjalin silaturahmi bisa melapangkan rezeki seseorang. Dengan silaturahmi, hubungan sosialmu dengan keluarga dan kerabat akan semakin kuat terbangun. Dari hubungan tersebut kamu bisa mendapat dan saling berbagi informasi yang bermanfaat, entah tentang lowongan kerja yang sedang kamu butuhkan, entah tentang promo tiket kereta api untuk keperluan mudik, dan sebagainya.

Dengan bersilaturahmi, Allah juga gak akan ragu untuk mengucurkan nikmat-Nya padamu. Mendapat kenikmatan dari-Nya bukahkah suatu bentuk rezeki juga?

6. Meninggalkan perbuatan dosa

Perhatikan deh sikap orang tua pada anak yang gak patuh dengan nasihatnya. Apakah orang tua bakal memenuhi permintaan anaknya tersebut sedangkan si anak saja selalu membangkang pada perintah orang tua?

Analogi tersebut juga berlaku pada Allah saat menurunkan rezeki pada hamba-Nya. Jangan harap Allah akan memperlancar rezeki padamu kalau kamu masih sibuk melakukan perbuatan dosa.

7. Berbuat baik pada orang tua, sahabat, kerabat, dan orang yang lemah

Jika seekor jerapah punya leher yang panjang, itu karena letak rezeki dia ada di puncak pohon. Jika seekor ikan memiliki sirip dan insang, itu karena letak rezeki dia ada di dalam air. Pertanyaannya, di manakah sebenarnya letak rezeki seorang manusia? Apakah di tangan atasan? Apakah dari bisnis yang sedang kamu jalankan?

Bukan sama sekali, guys. Sesungguhnya, letak rezeki kamu semua adalah pada kemuliaan dan kebahagiaan orang lain karena perbuatan yang kamu lakukan pada mereka. Maka, kalau kamu ingin rezekimu makin lancar, bahagiakanlah orang-orang di sekitarmu, terutama orang tua, kemudian sahabat, kerabat, dan orang-orang lemah. Seberapa besar usahamu membahagiakan dan memuliakan mereka itulah besar rezeki yang Allah akan berikan kepadamu.

8. Berinfak dan bersedekah

“Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki yang terbaik.” (QS. Saba: 39)

Secara kasat mata, hartamu memang terlihat berkurang saat kamu menginfakkannya. Namun, yang sebenarnya terjadi, dengan ilmu Allah harta kamu justru bertambah, bahkan bisa berkali-kali lipat. Gak hanya itu, Allah juga akan berikan pahala untuk kamu yang gemar infak dan sedekah.

Di dalam Alquran, berinfak dan bersedekah itu diibaratkan seperti satu buah benih yang menumbuhkan tujuh bulir. Bisa dibayangkan berapa bulir yang bisa kamu tuai kalau kamu menabur sepuluh benih, dua puluh benih, atau seratus benih? Yup, begitulah keutamaan di balik infak dan sedekah sebagai pembuka pintu rezeki.

9. Hijrah di jalan Allah

“Barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak.” (QS. An-Nisa: 100)

Pernah gak kamu mengalami kegagalan dalam kehidupan? Bisnismu bangkrut, susah mendapat pekerjaan, atau gagal memenangkan lomba. Saat gagal, apa sih yang kamu lakukan? Mengeluhkah?

Alih-alih mengeluh, Allah justru menyuruh kamu untuk segera bangkit dari kegagalan tersebut. Salah satu caranya dengan berhijrah. Hijrah memiliki makna bergerak, berubah dari kondisi yang belum baik menjadi baik, dari kondisi baik menjadi kondisi yang lebih baik lagi.

Ketika bisnismu mengalami kebangkrutan, cobalah bergerak untuk melakukan evaluasi. Jangan-jangan kamu sudah melakukan kesalahan yang bikin bisnis kamu jadi colapse. Dengan mencoba bangkit dan bergerak, kamu akan menemukan jalan baru untuk memperbaiki bisnis kamu. Sebaliknya, kalau kamu memilih down dan terus-terusan terpuruk, bisnis kamu selamanya gak akan bisa tumbuh lagi.

10. Selalu salat duha

Orang yang sibuk mencari ridho Allah di waktu duha, maka Allah akan menyibukkan diri kepada orang tersebut dengan kebaikan dan rezeki yang melimpah. Salat duha akan menyelamatkanmu dari bahaya serta menjagamu dari terjerumus dalam dosa. Andai kamu gak salat duha, bisa jadi kamu melakukan dosa di pagi itu. Namun, karena kamu salat duha, kamu jadi gak sempat melakukan dosa di awal pagi. Karenanya Allah cukupkan rezeki kamu sampai sore hingga malam hari karena kamu sudah menyibukkan diri kamu dengan salat duha di pagi hari.

Gak hanya itu, Allah juga akan cukupkan dan mudahkan urusan dan aktivitasmu seharian sehingga kamu gak merasa lelah dengan urusan kamu. Sehingga bukan cuma kemudahan rezeki yang kamu dapat, namun juga kecukupan, kepuasan, kemudahan, dan keselamatan dalam rutinitas yang kamu kerjakan di hari tersebut.

Wah, rupanya banyak sekali ya hal-hal yang bisa kamu kerjakan supaya pintu rezeki kamu makin terbuka lebar. Tunggu apa lagi, bukan lagi mengeluh saat rezekimu seret. Lakukan kesepuluh hal di atas, maka rezeki kamu pun bakal makin lancar. InsyaAllah.

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di www.idntimes.com dengan judul "10 Hal Tak Terduga yang Bisa Jadi Pintu Rezekimu Makin Terbuka Lebar"