Ini Nih 4 Makanan yang Paling Banyak Terbuang Setiap Tahun di Dunia
Ilustrasi Keju ( Photo iStock )
Viral

Ini Nih 4 Makanan yang Paling Banyak Terbuang Setiap Tahun di Dunia

Minggu, 3 Feb 2019 | 15:06 | Muchdi

Winnetnews.com - Limbah makanan atau dikenal dengan food waste menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi hampir seluruh negara di dunia. Di Inggris saja, makanan senilai 13 miliar pound sterling terbuang setiap tahunnya.

Salah satu penyumbang terbesar food waste adalah makanan kedaluwarsa yang berakhir di tempat sampah. Ironisnya, ada jutaan manusia yang mengalami masalah kelaparan.

Sementara, manusia di kota besar membuang makanan yang tidak habis mereka konsumsi. Lalu apa saja jenis makanan yang terbuang sia-sia?

Dikutip dari situs Liputan6 dari laman rivercottage.net, Minggu (3/2/2019), berikut 4 makanan yang banyak terbuang sia-sia:

  1. Roti

    Roti menjadi makanan yang paling banyak terbuang di dunia. Lebih dari 240 juta irisan roti dibuang setiap tahun. Padahal, dengan angka ini dapat membuat jutaan orang terbebas dari kelaparan. Apabila tidak ingin terbuang, Anda harus menjaga roti tersebut dalam tempat yang aman, sehingga tidak mudah rusak atau berjamur. Selain itu, pastikan tanggal pembuatan dan perkirakan apakah roti itu akan langsung habis atau tidak usai diproduksi.

  2. Susu

    Sekitar 5,9 juta gelas susu sengaja di buang ke westafel tiap tahun. Minuman yang satu ini memiliki kandungan gizi yang baik bagi pertumbuhan, terutama anak-anak.

    Sangat disayangkan apabila cairan putih ini banyak terbuang. Di Afrika, ada banyak anak-anak yang kekurangan gizi. Oleh sebabnya, bijak dalam menggunakan susu jangan dibiarkan terbuang.

    Susu bisa dibuat dalam berbagai jenis minuman. Mulai dari bahan membuat kue, memasak atau membuat minuman yang dicampur dengan buah.

  3. Kentang

    Ada sekitar 5,8 juta kentang tiap tahun yang berakhir di tempat pembuangan. Kentang dianggap sebagai makanan berkarbohidrat pengganti nasi atau tepung. Sebenarnya, untuk membuat kentang dapat bertahan lama bisa disimpan di lemari pendingin. Jangan biarkan di luar ruangan dan terpapar sinar matahari.

  4. Keju

    Keju bisa bertahan sangat lama. Jadi tidak ada alasan untuk membuangnya. Jika berjamur, buang bagian jamur. Sementara sisanya masih bisa dikonsumsi. Keju sangat enak jika ditambahkan pada sejumlah makanan seperti lasagna, makaroni atau makanan lainnya. Namun, sangat disayangkan keju dalam jumlah besar terbuang sia-sia.
TAGS:
food wastemakananrotidunia

RELATED STORIES

Loading interface...