Ini Nih 5 Keuntungan Yang Muncul Bersamaan Dengan Perasaan Sedih

Muchdi

Dipublikasikan 3 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Ini Nih 5 Keuntungan Yang Muncul Bersamaan Dengan Perasaan Sedih
Ilustrasi sedih ( Photo thehappyworldcompany.com )

Winnetnews.com -  Tidak mengherankan bila kebahagiaan dapat membawa banyak keuntungan bagi tubuh. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih tahan terhadap rasa sakit, kebahagiaan juga akan mengurangi stres dan secara keseluruhan meningkatkan kualitas hidup manusia.

Kesedihan, di sisi lain, terlihat seperti tidak ada gunanya. Manusia juga tentu akan cenderung berusaha menjauh dari perasaan sedih.

Namun, ketika kesedihan melanda, tidak ada hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Jangan khawatir, karena ternyata perasaan sedih juga membawa beberapa manfaat bagi tubuh.

Dilansir dari List Verse, berikut 5 keuntungan yang muncul bersamaan dengan perasaan sedih:

1. Meningkatkan Empati

Berkaitan dengan empati, Anda akan berpikir bahwa orang yang lebih bahagia akan lebih siap dan lebih bersedia untuk membantu orang lain. Namun penelitian membuktikan, itu tidak benar-benar terjadi.

Eksperimen yang dilakukan pada siswa yang mengalami depresi ringan menunjukkan bahwa menjadi sedih dapat membuat Anda lebih berempati terhadap emosi orang lain. Mereka tampil secara signifikan lebih baik daripada siswa yang tidak depresi juga.

2. Meningkatkan Memori

Kesedihan memengaruhi otak dengan cara yang tidak kita mengerti, terutama mengenai berbagai kemampuan kognitif manusia.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa orang yang sedih jauh lebih baik dalam hal pengenalan wajah dan terkait dengan ingatan.

3. Kemampuan Berpikir Lebih Baik

Kebanyakan orang merasa tidak ingin melakukan apa-apa ketika sedang sedih atau dalam suasana hati yang tidak nyaman. Itu merupakan respons alami tubuh terhadap kesulitan emosional.

Jika Anda berusaha dan memang melakukan kegiatan pada saat itu, Anda akan menemukan bahwa saat merasa sedih sebenarnya merupakan waktu terbaik untuk menyelesaikan tugas yang membutuhkan pemikiran.

Penelitian telah membuktikan bahwa orang-orang dalam suasana hati yang buruk jauh lebih baik dalam fokus, manajemen waktu dan prioritas tugas.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...