Ini Olahraga yang Dilarang Dilakukan Wanita Hamil
ilustrasi
Lifestyle

Ini Olahraga yang Dilarang Dilakukan Wanita Hamil

Sabtu, 22 Feb 2020 | 08:26 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Memelihara kebugaran tubuh penting untuk menjaga ibu hamil dan janinnya agar selalu sehat. Bahkan, olahraga saat hamil juga dianjurkan untuk menyiapkan stamina saat proses kelahiran nanti. Namun, tidak semua olahraga aman untuk dilakukan ibu hamil. Untuk mengetahui jenis olahraga apa saja yang dilarang untuk ibu hamil sampai persalinannya kelak, simak penjelasannya berikut ini.

Olahraga yang dilarang untuk ibu hamil

image0

Tentunya, olahraga dapat memberikan manfaat kesehatan selama masa kehamilan. Olahraga dapat membuat tidur lebih nyenyak, suasana hati lebih baik, serta lebih berenergi.

Adapun rekomendasi olahraga aman untuk ibu hamil, misalnya saja berenang. Namun, ada jenis olahraga tertentu yang tidak direkomendasikan untuk bumil.

Agar tak lagi bingung, simak beberapa olahraga yang dilarang untuk ibu hamil.

1. Olahraga kontak (contact sports)

Bila sebelumnya Anda hobi bermain bola, basket, atau olahraga yang berkaitan dengan pertandingan, lebih baik hindari dulu. Olahraga kontak dilarang untuk ibu hamil, terutama pada trimester pertama dan seterusnya.

Misalnya, jika ibu terjatuh, olahraga semacam ini dapat meningkatkan risiko cedera pada ibu hamil dan bayi dalam kandungannya.

2. Olahraga untuk menurunkan berat badan

Olahraga lain yang dilarang untuk ibu hamil adalah olahraga yang berkaitan dengan penurunan berat badan. Mungkin saja bumil merasa tak percaya diri karena berat badan naik.

Seiring berkembangnya janin dalam rahim, tentu Anda akan mengalami pertambahan berat badan. Ini wajar adanya. Selama ibu mengonsumsi makanan sehat, pertambahan berat badan menggambarkan kondisi berat badan yang sehat.

3. Olahraga yang melibatkan keseimbangan

Selanjutnya, olahraga yang dilarang untuk ibu hamil adalah olahraga yang berkenaan dengan keseimbangan dan berisiko “jatuh”. Contohnya, berkuda, bersepeda, sepatu roda, dan lainnya.

Meskipun olahraga bersepeda terdengar aman dan ringan, alangkah baiknya hindari selama masa kehamilan. Jika bersepeda adalah hobi yang Anda lakoni, sementara waktu beralihlah ke sepeda statis sebagai langkah aman berolahraga.

TAGS:
olahragawanita hamilibu hamil

RELATED STORIES

Loading interface...