Ini Penyebab Wajah Berjerawat Selama di Rumah Saja
Foto: self.com
Lifestyle

Ini Penyebab Wajah Berjerawat Selama di Rumah Saja

Rabu, 27 Mei 2020 | 17:00 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Berada di rumah saja selama PSBB membuat kita berekspetasi memiliki kulit wajah yang mulus, tanpa ada jerawat. Hal ini lantaran selama di rumah kita tidak terpapar polusi udara yang kotor dan tidak menggunakan riasan wajah apapun.

Akan tetapi nyatanya selama di rumah saja, tak jarang wajah tetap berjerawat. Bahkan ada yang jerawatnya muncul makin banyak daripada biasanya. Seorang pakar klinis kecantikan dan co-founder Mortar and Milk, Pamela Marshall menjelaskan kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Menurutnya hal itu disebabkan oleh stres, pola makan, kekurangan vitamin D, dan kurangnya menjaga kebersihan.

“Ketika badan kita mengalami stres maka hormone kortisol akan dikeluarkan. Apabila hormone kortisol ini tinggi, produksi hormon estrogen pun menjadi rendah. Ketika estrogen berkurang, ini akan menyebabkan hormon androgen (hormon pria) meningkat dan akan mengirimkan sinyal ke kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak,” ujar Pamela dikutip dari Cosmopolitan.

Tak hanya stres, pola makan yang tidak sehat seperti sering mengonsumsi makanan cepat saji pun dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat. Makanan cepat saji yang terasa nikmat tersebut, nyatanya dapat mengotori dan merusak usus, serta merusak kulit juga.

Selain itu, terlalu lama berada di dalam rumah membuat kita kekurangan vitamin D yang bisa didapatkan dari paparan sinar matahari. Vitamin D juga mempunyai peran penting untuk mengurangi inflamasi pada kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

“Vitamin D sangat penting untuk perkembangan sel dalam tubuh, jadi kurangnya aktivitas di luar ruangan otomotasi akan meningkatkan kadar kebutuhan akan vitamin D,” jelasnya.

Terakhir, meskipun kita seharian berada di rumah saja bukan berarti tidak melakukan rutinitas perawatan kulit. Karena pada dasarnya, hal tersebut harus tetap dilakukan meski sedang tidak beraktivitas di luar rumah.

TAGS:
jerawatstrespsbbLifestyle

RELATED STORIES

Loading interface...