Ini Tanda-tanda Kalau Belum Siap Punya Keturunan
ilustrasi
Lifestyle

Ini Tanda-tanda Kalau Belum Siap Punya Keturunan

Rabu, 16 Okt 2019 | 07:30 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Pasangan yang sudah menikah memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai arti berumah tangga. Sebagian pasangan suami istri merasa sudah siap untuk menambahkan kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga kecil mereka sesegera mungkin. Namun, tak jarang pula terdapat pasangan yang ingin menunda memiliki anak, bahkan mengaku belum siap. Lantas, apa saja yang biasanya menjadi pertimbangan atau pertanda Anda dan pasangan belum siap punya anak?

Apa saja tanda-tanda Anda dan pasangan belum siap punya anak?

Memilih untuk punya anak memang merupakan suatu keputusan besar yang diambil ketika telah berkeluarga, terlepas dari seberapa lama usia pernikahan Anda dan pasangan. Tentunya, tidak semua pasangan suami istri memiliki kesiapan yang cukup untuk menghadapi perubahan tersebut.

Umumnya, alasan-alasan yang menyebabkan sepasang suami istri belum siap untuk punya anak adalah sebagai berikut:

1. Belum siap secara finansial

Bukan rahasia lagi bahwa memiliki anak berarti Anda dan pasangan harus dapat mendukung anak secara finansial dalam merawat dan membesarkannya. Mulai dari biaya pendidikan, kebutuhan sehari-hari, hingga uang jajan sudah harus Anda persiapkan sejak awal.

Selain itu, ketika Anda memutuskan untuk punya anak, Anda harus mempersiapkan kemungkinan mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang Anda dan pasangan sukai, misalnya hobi, liburan ke luar negeri, atau membeli barang-barang tertentu.

Anda dan pasangan mungkin belum siap untuk punya anak apabila hal tersebut masih menjadi salah satu kekhawatiran utama.

2. Tujuan-tujuan lain dalam hidup belum tercapai

Ada kalanya Anda dan pasangan masih memiliki tujuan atau visi hidup yang belum sempat tercapai, baik itu adalah tujuan berdua maupun masing-masing. Misalnya, Anda masih ingin fokus berkarir, atau cita-cita pasangan Anda untuk keliling dunia belum tercapai.

Kadang kala, tujuan-tujuan hidup seperti yang telah disebutkan sebelumnya akan menyita waktu dan perhatian yang banyak, sehingga memiliki anak dipercaya beberapa orang hanya akan menjadi distraksi.

Selain itu, jika Anda dan pasangan mempunyai pemikiran bahwa memiliki anak sama dengan mengorbankan tujuan-tujuan dan visi hidup, itu artinya Anda dan pasangan belum siap punya anak.

TAGS:
keturunanpunya anak

RELATED STORIES

Loading interface...