Ini yang Dilakukan Dokter Bila Pasien Minta Obat Antibiotik
ilustrasi
Kesehatan

Ini yang Dilakukan Dokter Bila Pasien Minta Obat Antibiotik

Sabtu, 21 Nov 2020 | 14:30 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Antibiotik bukan obat yang asing lagi. Obat yang satu ini memang bisa mengobati banyak penyakit. Saking banyaknya, masyarakat awam kerap berpikir ini adalah “obat dewa”.

Tak sedikit juga yang berpikir bahwa belum afdol atau lengkap jika tak dapat antibiotik saat berobat ke dokter.

Lalu, bagaimana jadinya jika seseorang sampai memaksa dokter memberikan antibiotik? Apa bahayanya jika mengonsumsi antibiotik tanpa izin dokter?

Ketidakpahaman Tentang Antibiotik Masih Terjadi

image0

Ketika tidak diberikan antibiotik, ada juga yang secara mandiri “meminta” kepada dokternya untuk diresepkan.

Karena menurutnya, obat tersebut bisa bikin dia cepat sembuh. Padahal antibiotik sendiri bukan obat sembarangan! Hanya penyakit dengan kategori tertentu yang bisa diatasi oleh obat tersebut, yaitu infeksi bakteri.

Selain request sendiri, kadang masyarakat juga kerap memberhentikan pengonsumsian antibiotik meski belum habis diminum! Di balik kebiasaan itu, resistensi antibiotik mengintai.

Saat tubuh telanjur mengalami resistensi antibiotik, infeksi menjadi lebih susah diatasi karena bakteri sudah kebal! Akibatnya pun bisa fatal.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) pernah melakukan survei kepada 10.000 responden beberapa tahun lalu. Hasilnya, 32 persen percaya bahwa minum antibiotik boleh dihentikan sendiri saat tubuh sudah lebih baik.

Sebanyak 64 persen responden juga percaya bahwa antibiotik dapat mengatasi batuk pilek karena virus flu meski nyatanya tidak.

Mereka pun pernah mendengar tentang resistensi antibiotik, tetapi tidak tahu apa yang memicunya dan apa dampaknya.

TAGS:
kesehatanantibiotik

RELATED STORIES

Loading interface...