Ini yang Membuat Flu Mudah Ditularkan
ilustrasi
Kesehatan

Ini yang Membuat Flu Mudah Ditularkan

Minggu, 8 Des 2019 | 11:58 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Jika dalam satu rumah ada yang terserang flu, biasanya anggota keluarga yang lain juga cenderung tertular. Bahkan, Anda juga bisa berkali-kali mengalami kondisi ini. Sebenarnya, apa yang menyebabkan Anda mudah tertular flu lagi dan lagi? Yuk, simak penjelasan ahli berikut ini.

Alasan kenapa Anda mudah tertular flu

Flu adalah infeksi virus influenza pada saluran napas. Penyakit ini memiliki gejala yang hampir serupa dengan pilek, tapi lebih berat. Orang yang terinfeksi virus ini akan mengalami demam tinggi, nyeri otot, dan sakit kepala parah yang bisa membuat tubuh tumbang berhari-hari.

Bila Anda terserang flu, orang-orang berada di sekitar Anda bisa tertular penyakit ini. Apalagi, jika Anda melakukan interaksi yang intens, seperti mengobrol.

Jika biasanya setelah kena infeksi virus Anda bisa menjadi kebal (seperti halnya dalam cacar air), berbeda dengan virus flu.

Setelah sembuh dari virus yang satu ini, ada kemungkinan Anda bisa terserang dan jatuh sakit lagi. Kembali kambuhnya flu setelah Anda sembuh ini dikenal dengan fenomena “ping-pong effect“.

Prof. dr. Cissy B. Kartasasmita, SpA(K), PhD, Ketua Indonesian Influenza Foundation, menjelaskan alasan kenapa Anda sangat mudah tertular flu pada Tim Hello Sehat ketika ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (25/11).

TAGS:
Flukesehatan

RELATED STORIES

Loading interface...