Ini yang Membuat Gigitan Nyamuk Terasa Gatal
ilustrasi
Kesehatan

Ini yang Membuat Gigitan Nyamuk Terasa Gatal

Rabu, 22 Jan 2020 | 18:44 | Rusmanto
Winnetnews.com - Salah satu hal yang paling menyebalkan adalah gigitan nyamuk. Hal ini bisa membuat kulit menjadi bentol-bentol dan gatal-gatal. Sebenarnya, bagaimana bisa gigitan nyamuk bisa menyebabkan dampak ini?

Penyebab Bekas Gigitan Nyamuk Terasa Gatal

Pakar kesehatan Amy Kassouf dari Cleveland Clinic menyebut gigitan nyamuk bisa terasa sangat gatal sehingga membuat kita langsung ingin menggaruknya. Hal ini disebabkan oleh air liur yang juga masuk ke dalam kulit kita saat nyamuk mengisap darah.

“Biasanya, nyamuk yang menggigit adalah yang betina. Saat menggigit, air liur akan ikut masuk ke dalam kulit. Masalahnya adalah, air liur yang berisi protein ini bisa menyebabkan reaksi alergi serta gatal-gatal pada kulit,” ucap Kassouf.

Seringkali, gigitan nyamuk ini lebih sering terjadi di malam hari. Hal ini disebabkan oleh kadar hormon kortisol di dalam tubuh yang cenderung lebih rendah dan hal ini akan membuat tubuh memproduksi aroma tertentu yang membuat nyamuk lebih tertarik untuk hinggap dan menggigit.

Sistem kekebalan tubuh kita ternyata menganggap protein di dalam air liur sebagai benda asing yang berbahaya sehingga akan menyebabkan reaksi berupa sensasi gatal-gatal pada kulit. Gejala ini belum tentu muncul jika kita digigit oleh serangga jenis lainnya.

Masalahnya adalah jika kita menggaruk bekas gigitan nyamuk ini, akan membuat sensasi gatal pada kulit justru akan menjadi semakin parah. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya histamin yang diproduksi sistm kekebalan tubuh dan menyebabkan gejala berupa gatal-gatal dan pembengkakan pada kulit.

Jika sampai kita menggaruk bekas gigitan nyamuk hingga luka atau lecet, bisa jadi akan menyebabkan sensasi perih dan meningkatkan risiko terkena infeksi bakteri.

TAGS:
gigitan nyamukgatal

RELATED STORIES

Loading interface...