Inidia Makanan yang Aman Dikonsumsi Saat Malam Hari
ilustrasi
Kesehatan

Inidia Makanan yang Aman Dikonsumsi Saat Malam Hari

Sabtu, 8 Feb 2020 | 18:54 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Terkadang, kita merasa lapar di malam hari, khususnya di waktu yang dekat sebelum tidur. Padahal, kita sebelumnya sudah mengonsumsi makanan. Hal ini tentu membuat kita mengalami dilema. Jika kita makan atau ngemil, bisa jadi berat badan akan naik. Apakah tidak ada makanan yang aman untuk dikonsumsi di malam hari?

Camilan yang Aman Dikonsumsi di Malam Hari

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi di malam hari. Mengonsumsinya tidak akan mudah menyebabkan kenaikan berat badan atau masalah kesehatan lainnya.

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

1. Oatmeal

Memang, oatmeal dikenal sebagai makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat sarapan, namun pakar kesehatan menyebut makanan ini juga cocok untuk dikonsumsi di malam hari, khususnya jika kita merasa lapar di dekat waktu tidur. Tak hanya karena kandungan seratnya yang tinggi, kandungan di dalam oatmeal juga bisa membantu tubuh melepas hormon serotonin dan melatonin dengan lebih baik. Dampaknya bisa membuat kita tidur dengan lebih nyenyak.

2. Susu Hangat

Kita tentu sering melihat iklan susu yang menunjukkan orang yang meminumnya sebelum tidur. Banyak orang yang berpikir jika hal ini kurang baik bagi berat badan, namun pakar kesehatan justru sangat menyarankannya. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan triptofan dan asam amino di dalam susu yang bisa membuat otak memproduksi serotonin. Hormon ini bisa membuat kita tidur dengan nyenyak. Selain itu, susu juga bisa mengatasi perut lapar dengan cepat.

3. Keju

Sebagaimana susu, banyak orang juga takut untuk mengonsumsi keju di malam hari. Padahal, keju atau crackers bisa dijadikan solusi untuk mendapatkan protein atau karbohidrat kompleks yang akan segera mengenyangkan perut yang sebelumnya lapar. Hanya saja, kita harus cermat dalam memilih keju atau crackers yang akan kita konsumsi. Cobalah crackers yang dikombinasikan dengan gandum utuh atau berupa keju yang memiliki kadar lemak yang rendah.

TAGS:
kesehatanmakanan ringanmalam hari

RELATED STORIES

Loading interface...