Inikah yang Membuat Nangis Saat Marah?
ilustrasi
Lifestyle

Inikah yang Membuat Nangis Saat Marah?

Sabtu, 4 Apr 2020 | 13:12 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Menangis adalah sebuah reaksi yang biasanya muncul saat seseorang sedang merasa sedih. Namun, beberapa orang juga menangis saat mereka sedang marah dan merasa frustrasi. Alih-alih memasang wajah murka, mereka sering kali menitikkan air mata ketika emosi sudah memuncak. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Mengapa orang mudah menangis saat marah?

image0

Menangis adalah hal pertama yang dilakukan seseorang saat baru dilahirkan ke dunia. Saat bayi, manusia belum bisa mengungkapkan perasaannya dengan kata-kata, maka menangis menjadi cara manusia berkomunikasi.

Perilaku ini pun terus terbawa sampai manusia tumbuh besar. Hampir mustahil rasanya menemukan seseorang yang sama sekali tidak pernah menangis. Tangisan sendiri bisa disebabkan oleh alasan emosional maupun karena kerja tubuh untuk melindungi mata dari infeksi kotoran.

Bahkan, hewan juga meneteskan air mata sebagai salah satu bagian dari fungsi mata yang berjalan dengan normal. Meski beberapa laporan mengatakan bahwa hewan juga dapat meneteskan air mata emosional, hanya manusia yang sering menangis karena didasari atas perasaan sedih atau emosi lainnya.

Ketika seseorang marah dan merasa frustrasi, beberapa dari mereka meluapkannya dengan tangisan. Saking intensnya emosi tersebut, sebagian dari mereka bahkan tidak memiliki tenaga untuk berteriak atau membentak dan malah berujung dengan menitikkan air mata.

Meski demikian, Robert R. Provine, Ph.D, seorang profesor psikologi dan ilmu saraf di Univetsity of Maryland, mengatakan bahwa menangis tidak bisa serta merta menjadi pertanda yang menentukan perasaan seseorang.

Perilaku menangis sebetulnya tidak hanya ditunjukkan saat marah atau saat merasakan emosi negatif lainnya. Hal apa pun yang memicu perasaan intens juga dapat membuat seseorang menangis, sekalipun perasaan tersebut merupakan reaksi dari hal yang positif.

Misalnya, tangisan haru saat kelahiran anak pertama atau saat melihat orang-orang terdekat berhasil mendapatkan pencapaian penting dalam hidupnya. Selain itu, seseorang pun dapat menangis ketika melihat sesuatu yang indah dan menyentuh.

Di sisi buruknya, terkadang orang-orang juga menangis dengan tujuan yang manipulatif. Orang bisa saja menangis untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan, seperti saat merajuk kepada pasangan atau ketika seseorang sedang berada pada suatu argumen dan tak mau disalahkan. Dengan menangis, mereka berharap orang lain akan merespons dengan simpati dan memberi dukungan emosional.

TAGS:
menangismarah

RELATED STORIES

Loading interface...