Inilah 9 Fakta Tentang Donor Darah dan Medis.  Kamu Harus Tahu Nih!
Kesehatan

Inilah 9 Fakta Tentang Donor Darah dan Medis. Kamu Harus Tahu Nih!

Rabu, 18 Jan 2017 | 12:00 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Di dunia di mana hampir semuanya bisa dibuat, dibangun kembali, dan didesain ulang. Tapi para ilmuwan masih tidak dapat membuat darah buatan, yang berarti orang masih membutuhkan transfusi darah dan bergantung sepenuhnya pada sumbangan. Sayangnya, sumbangan belum mampu mengimbangi kebutuhan darah yang luar biasa.

Seperti dikutip dari Medicaldaily , berikut adalah beberapa fakta menarik dan mengkhawatirkan tentang donor darah yang mungkin membuat kamu lebih tertarik untuk turun dan ikut menyumbangkan:

1. Menyumbangkan darah baik untuk hati kamu

Aliran darah dan volume darah merupakan bagian yang tak terpisahkan untuk menjaga detak jantung. Sementara itu mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, mendonorkan darah secara teratur sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan jantung. Menurut Aliran Darah Online, menyumbangkan darah secara teratur dapat membantu mengurangi seberapa tebal dan lengket darah kamu, sehingga memungkinkan darah mengalir lebih mudah melalui pembuluh darah dan mencapai jantung lebih cepat.

2. menyumbangkan darah menurunkan risiko kanker

Menyumbangkan darah dapat mengurangi risiko kanker. Zat besi, salah satu mineral utama yang ditemukan dalam darah, telah dikenal untuk meningkatkan jumlah kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh. Namun, sebuah studi 2008 menemukan bahwa mendonorkan darah membantu mengurangi simpanan zat besi, sehingga mengurangi risiko kanker secara keseluruhan pada setiap individu.

3. Bisa menurunkan berat badan

Jika menyelamatkan nyawa orang lain dan meningkatkan kesehatan pribadi kamu sendiri tidak cukup untuk membuatmu untuk terus menyumbangkan darah, bagaimana dengan kemungkinan keuntungan penurunan berat badan. Menurut LiveStrong, kamu bisa membakar sekitar 650 kalori per sumbangan satu kantung darah -yang bahkan lebih dari apa yang kamu bakar saat lari selama 30 menit!

4. Satu orang menyelamatkan 2 juta bayi akibat darah mereka yang langka

Sementara itu diperkirakan bahwa rata-rata orang dapat menyelamatkan sekitar 1.000 jiwa seumur hidup karena menyumbangkan darah, James Harrison mampu menyimpan sekitar 2 juta karena golongan darah yang langka nya. Darah Harrison berisi antibodi tingkat tinggi yang dikenal sebagai anti-D imunoglobulin yang khusus digunakan untuk membantu bayi dengan kondisi yang dikenal sebagai penyakit Rhesus. Singkatnya, sistem kekebalan tubuh dari ibu-ibu membawa bayi dengan penyakit Rhesus menyerang janin. Namun, transfusi darah Harrison dapat mencegah serangan itu.

5. Air kelapa dapat digunakan sebagai pengganti dalam keadaan darurat

Menurut Sains ABC, dalam keadaan darurat, medis profesional dapat menggantikan air kelapa sebagai alternatif untuk plasma. Meskipun keduanya jauh dari identik, air kelapa memiliki sekitar satu-keempat puluh tingkat natrium plasma, sementara tingkat kalium adalah sekitar 10-15 kali lebih tinggi. Dalam kasus di mana tidak ada IV tersedia untuk pasien dehidrasi, minum air kelapa bisa dilakukan.

6. Kebanyakan darah masuk untuk pasien kanker

Tahukah kamu kalau darah yang kita sumbangkan sekitar 2 persen dari semua sumbangan darah diberikan untuk pasien trauma. Ini sebenarnya pasien kanker yang menerima darah yang paling banyak.

7. Kekurangan darah terjadi sebagian besar selama hari libur

Semua orang cenderung untuk memiliki sedikit kesibukan selama liburan, dan tren donor darah menunjukkan ini. Menurut Komunitas Darah Bank of Northwest Pennsylvania dan Western New York, kekurangan darah terjadi selama liburan musim panas dan musim dingin.

8. Seseorang perlu darah setiap dua detik di Amerika Serikat

Sulit untuk membayangkan betapa pentingnya donor darah, tetapi menurut Palang Merah Amerika, seseorang di AS membutuhkan darah setiap dua detik. Selain dari orang-orang dengan pasien kanker dan trauma, donor darah juga digunakan untuk operasi, kebidanan, dan pasien dengan kelainan darah tertentu.

9. Tipe darah O positif adalah yang paling sering diperlukan

Walaupun semua jenis darah yang dibutuhkan dan diterima, tipe O positif adalah yang paling dibutuhkan. Ini adalah jenis darah yang paling umum, jadi itu yang paling mungkin untuk ditransfusikan.

TAGS:
donor darahfakta donor darahefek donor darahmedis

RELATED STORIES

Loading interface...