Inilah Fakta Mengenai Gay yang Harus Kamu Ketahui
Relationship

Inilah Fakta Mengenai Gay yang Harus Kamu Ketahui

Jumat, 31 Mei 2019 | 10:55 | Oky

Winnetnews.com - Isu LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender) yang muncul dewasa ini mengundang satu pertanyaan besar. Apakah perilaku LGBT atau gay bisa ditularkan pada orang lain?

Pasalnya, masyarakat cemas bahwa menerima komunitas LGBT berarti makin banyak orang yang bakal ketularan dan akhirnya menjadi seorang gay. Nah, sekaranglah saatnya mengupas tuntas mitos apakah gay menular. Berikut ulasannya dirangkum covesia dari laman hellosehat.

  1. Homoseksualitas bukan gangguan jiwa

    image0

    Masih banyak salah paham yang dipercaya masyarakat soal homoseksualitas. Salah satunya adalah homoseksualitas merupakan gangguan jiwa. Namun, secara medis homoseksualitas tidak digolongkan sebagai gangguan kejiwaan.

    Dulu memang homoseksualitas dianggap sebagai suatu kelainan. Namun, pada 1973 Asosiasi Psikiatri Amerika Serikat menghapus homoseksualitas dari kategori gangguan jiwa di Pedoman Panduan Penggolongan Gangguan Jiwa (PPDGJ) edisi kelima.

    Di Indonesia sendiri, homoseksual digolongkan sebagai orang yang berisiko mengalami gangguan jiwa (belum terdiagnosis gangguan jiwa). Menurut ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), dr. Danardi Sosrosumihardjo, SpKJ kategori ini sama halnya dengan korban bencana alam. Bukan berarti mereka memiliki gangguan jiwa, melainkan hanya rentan mengalami gangguan jiwa akibat tekanan sosial dan situasi berat yang harus dihadapi.

TAGS:
gayhomoseksualgangguan jiwa

RELATED STORIES

Loading interface...