Inilah Hal yang Sering Diwariskan Orangtua ke Anak

Rusmanto
Rusmanto

Inilah Hal yang Sering Diwariskan Orangtua ke Anak ilustrasi
Winnetnews.com -  “Duh, bulu matanya lentik banget sih, pasti nurun dari mamanya, ya?” Mungkin Anda sudah tidak asing dengan kalimat seperti itu, yang umumnya membahas mengenai kemiripan ciri fisik seseorang dengan orangtua. Tak heran, ini karena genetik disebut-sebut sebagai pelaku utama yang membuat seorang anak biasanya mirip atau bahkan serupa sekali dengan orangtuanya. Memangnya, apa saja “warisan” yang bisa diturunkan dari orangtua ke anak?

Apa saja yang hal yang bisa diturunkan dari orangtua ke anak?

Ternyata bukan sekadar isapan jempol belaka, lho! Seorang anak memang bisa memiliki ciri khas yang juga dimiliki oleh orangtuanya. Penasaran apa saja yang bisa diturunkan dari orangtua ke anak? Berikut contohnya:

1. Risiko penyakit

Tubuh manusia itu unik karena terdiri atas triliunan sel penyusun. Dalam setiap sel tersebut, terdapat struktur inti atau nukleus yang di dalamnya berisi kromosom. Masing-masing kromosom dilengkapi dengan untaian asam deoksiribonukleat atau DNA. Nah, gen adalah bagian dari DNA yang nantinya diturunkan dari orangtua ke anak.

Setiap anak normalnya memiliki dua salinan gen yang kedua orangtua. Ketika nantinya DNA yang telah diturunkan ini mengalami kerusakan, maka strukturnya akan berubah.

Kerusakan pada struktur DNA ini bisa dipicu oleh berbagai hal, salah satunya paparan bahan kimia. Hal inilah yang kemudian menyebabkan munculnya penyakit pada tubuh. Nah, struktur DNA yang rusak tersebut bisa menurun pada anak.

Terlebih jika gen tersebut cukup kuat, sehingga akan mengalahkan gen lainnya yang tidak membawa penyakit. Otomatis saat dilahirkan, kemungkinan besar anak sudah memiliki risiko penyakit keturunan yang dialami oleh orangtuanya.