Inilah Jenis Coklat yang Bisa Obati Diabetes
Foto: Getty Images
Kesehatan

Inilah Jenis Coklat yang Bisa Obati Diabetes

Senin, 28 Agt 2017 | 10:16 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Sering berpikir kalau coklat itu buruk untuk tubuhmu? Karena menurut beberapa orang, coklat bisa bikin gemuk. Namun sepertinya kamu harus menyingkirikan pendapat tersebut. Ada beberapa efek mujarab dari coklat selain membuat perasaan lebih baik.

Baru-baru ini, para ilmuwan menemukan bahwa senyawa tertentu yang ditemukan dalam coklat dapat membantu tubuh melepaskan lebih banyak insulin dan merespons peningkatan glukosa darah dengan lebih baik, kemajuan yang dapat menyebabkan terapi baru untuk mengobati diabetes.

Bila seseorang menderita diabetes, tubuh mereka tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak mengolah gula darah dengan benar. Akar itu adalah kegagalan sel beta, yang tugasnya menghasilkan insulin. Studi baru, yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry, menemukan sel beta bekerja lebih baik dan tetap kuat dengan peningkatan kehadiran monomer epicatechin, senyawa ditemukan secara alami pada kakao.

Daripada menimbun batang coklat yang kaya gula, para periset percaya bahwa mereka perlu mencari cara untuk mengeluarkan senyawa dari kakao, memanfaatkannya lebih banyak dan kemudian menggunakannya sebagai pengobatan potensial untuk pasien diabetes saat ini. 

"Mungkin kamu harus banyak memakan kakao, dan kamu mungkin tidak menginginkann banyak gula di dalamnya. Ini senyawa kakao yang kamu cari," kata Jeffery Tessem, asisten profesor di Universitas Brigham Young di AS.

"Apa yang terjadi adalah melindungi sel, meningkatkan kemampuan mereka mengatasi stres oksidatif," kata Tessem. 

"Monomer epicatechin membuat mitokondria dalam sel beta lebih kuat, yang menghasilkan lebih banyak ATP (sumber energi sel), yang kemudian menghasilkan lebih banyak insulin yang dilepaskan," katanya, seperti dikutip dari Hindustantimes.

Meskipun telah banyak penelitian tentang senyawa serupa selama dekade terakhir, tidak ada seorangpun yang dapat menentukan mana yang paling menguntungkan atau bagaimana sebenarnya kakao menghasilkan manfaat sampai sekarang. Penelitian ini menunjukkan monomer epicatechin, senyawa terkecil, adalah yang paling efektif.

"Hasil ini akan membantu kita untuk lebih dekat menggunakan senyawa ini secara lebih efektif dalam makanan atau suplemen untuk mempertahankan kontrol glukosa darah normal, dan bahkan berpotensi menunda atau mencegah timbulnya diabetes tipe-2," kata Andrew Neilson, asisten profesor di Virginia Tech di KAMI.

TAGS:
kakaocoklatsembuhkan diabetes

RELATED STORIES

Loading interface...