Inilah Keajaiban Coklat yang Perlu Kamu tahu
Foto: Pexels
Kesehatan

Inilah Keajaiban Coklat yang Perlu Kamu tahu

Sabtu, 27 Mei 2017 | 08:21 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Kabar baik untuk pecinta coklat. Makanan ini gak hanya bisa mengurangi stres, coklat juga baik untuk jantung. Tentu jika tidak dimakan secara berlebihan.

Sebuah studi baru, yang dipublikasikan di British Medical Journal: Heart, menemukan bahwa asupan coklat yang sedang dapat dikaitkan secara positif mengurangi risiko kondisi aritmia jantung, Atrial Fibrillation.

Kondisi tersebut mempengaruhi sekitar 8,8 juta orang di Uni Eropa dan dikaitkan dengan risiko stroke, gagal jantung, penurunan kognitif dan demensia yang lebih tinggi.

Penelitian dilakukan antara tahun 1993 dan 1997 terhadap lebih dari 55.000 orang berusia antara 50 dan 64 di Denmark. Bahan biologis dan informasi diet dan gaya hidup dikumpulkan termasuk kuesioner frekuensi makanan. Kuesioner berisi 192 item dan peserta diminta untuk mengisi konsumsi makanan sehari-hari termasuk coklat.

Kesehatan mereka juga dicatat sebagai tindak lanjut dan, secara keseluruhan, 3.346 kasus Atrial Fibrillation dilaporkan di antara peserta selama rata-rata follow up selama 13 dan setengah tahun.

Para peneliti menemukan bahwa peserta yang makan dua sampai enam porsi coklat seminggu, satu minggu atau satu sampai tiga porsi sebulan, memiliki risiko lebih rendah untuk mengembangkan Atrial Fibrillation dibandingkan mereka yang mengonsumsi kurang dari satu helai coklat per bulan.

Perlu dicatat juga bahwa sementara peserta yang mengkonsumsi lebih banyak coklat melaporkan tingkat kalori yang lebih tinggi yang dikonsumsi, mereka juga pada umumnya memiliki tingkat pencapaian pendidikan yang lebih tinggi.

Periset memperingatkan bahwa keterbatasan yang mungkin muncul dari fakta bahwa faktor lain dapat bertanggung jawab atas hasilnya, dan meminta penelitian lebih lanjut mengenai area tersebut.

TAGS:
coklatmanfaat coklat

RELATED STORIES

Loading interface...