Inilah Mitos dan Fakta Soal Virus HIV
sumber foto : istimewa
Kesehatan

Inilah Mitos dan Fakta Soal Virus HIV

Minggu, 30 Des 2018 | 19:37 | Oky

Winnetnews.com -- HIV (human immunodeficiency virus) merupakan virus yang berbahaya. HIV menyerang sistem kekebalan tubuh dan melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Virus ini belum ada obatnya yang membuat seseorang bisa sembuh dari HIV.

Untuk bertahan hidup maka seseorang hanya dapat mengonsumsi obat yang hanya bisa mempertahankan hidup, tetapi tidak dapat menyembuhkan virus HIV. Hal ini menyebabkan banyak isu yang muncul di masyarakat mengenai penularan HIV. Namun, isu yang muncul tidaklah semua tepat.

Berikut adalah mitos dan fakta penularan HIV yang harus kamu ketahui :

1. HIV adalah kutukan Tuhan
Masih banyak yang percaya bahwa HIV merupakan kutukan dari Tuhan. Faktanya, HIV bisa timbul karna kita tidak tahu cara menghindari diri agar tidak tertular.

2. HIV dapat tertular jika bersalaman dengan orang pengidap HIV
Kamu harus tahu, bahwa faktanya kita tidak perlu takut bersalaman dengan orang HIV. Sebab HIV tidak menular jika bersentuhan. Melainkan HIV dapat menular melalui 3 cairan tubuh yaitu (Cairan Kelamin, Darah, dan ASI)

3. Berhubungan Seksual pertama kali tidak dapat menyebabkan HIV
Banyak yang menganggap jika berhubungan seksual untuk pertama kali maka tidak akan menularkan HIV. Faktanya, Penularan HIV bisa kapan saja apabila dilakukannya dengan orang yang mengidap HIV, walaupun hanya sekali.

4. Berenang bersama dan pakai toilet yang sama
Kamu tidak perlu takut dan khawatir apabila berenang dan memakai toilet yang sama dengan orang HIV. Karena, HIV tidak menular melalui aktivitas itu.

5. Berpelukan dan berciuman
Berpelukan tidak menularkan HIV karena berpelukan tidak akan membuat cairan tubuh pasangan masuk ke dalam tubuh kita. Namun, untuk berciuman harus tetap hati-hati. Jangan sampai berciuman hingga berdarah karena jika berciuman dengan orang HIV sampai berdarah akan mengakibatkan tertular.

6. Digigit nyamuk
Faktanya nyamuk tidak memberikan darah kepada kita. Tetapi nyamuk menghisap darah. Jadi hal ini tidak akan membuat kita tertular.

Hal di atas adalah enam mitos dan fakta yang wajib kamu tahu. Jadi tetap lindungi diri kamu dari virus HIV. Dan tetap dukung teman-teman kamu yang mempunyai HIV karena mereka perlu dukungan dari kamu, bukan sebaliknya menjauhi mereka.

TAGS:
hivviruspenyakittubuh

RELATED STORIES

Loading interface...