Inilah yang Akan Terjadi Jika Allah Ingin Menghapus Dosa Seseorang

Oky
Oky

Inilah yang Akan Terjadi Jika Allah Ingin Menghapus Dosa Seseorang sumber foto : Istimewa

Winnetnews.com - Sebagai manusia, kita tentu menyadari bahwa diri kita tidak akan pernah luput dari salah dan lupa. Bahkan, untuk menghindari dosa, menjadi suatu hal yang cukup sulit. Padahal, kita tahu bahwa perbuatan dosa akan menuntun kita ke neraka. Dimana, neraka merupakan tempat yang paling buruk. Tidak akan ada manusia yang mampu bertahan lama di dalamnya.

Untuk itu, kita harus bisa membersihkan diri dari segala dosa, sebelum hari penentuan itu tiba. Ya, sebelum ajal menjemput, maka kita harus berusaha menghapus segala dosa yang telah diperbuat. Memang, Allah-lah yang menghapusnya. Maka, Allah pulalah yang tahu bagaimana cara menghapusnya. Lantas, bagaimana cara Allah menghapus dosa manusia?

Dilansir dalam palingyunik.blogspot.co.id bahwa Allah akan memberikan kesusahan kepada manusia untuk menghapus dosa-dosanya. Sedikitnya ada lima kesusahan yang Allah berikan. Apa sajakah itu?

1. Kelelahan

Kesusahan pertama yang diberikan Allah kepada manusia adalah merasa lelah. Terlebih lagi ketika seseorang telah bekerja sekian lama tanpa istirahat. Tentunya ia akan merasakan kelelahan yang teramat sangat. Bahkan kelelahannya tersebut membuat ia sulit untuk melakukan kegiatan lainnya. Namun yakinlah, Allah akan menghapuskan dosa-dosa di masa lampau apabila kita mampu bersabar menghadapi kelelahan yang melandanya. Bahkan setiap keringat yang dikeluarkan dalam hal-hal yang syar’i akan bernilai ibadah dimata Allah.

2. Sakit

Kesusahan kedua yang diberikan Allah kepada manusia adalah merasakan sakit. Hal ini merupakan hal yang lumrah terjadi dalam kehidupan. Tidak ada satu manusia pun yang tidak pernah merasakan sakit. Bahkan rasa sakit yang Allah berikan terasa begitu sangat menyiksakan. Sehingga apabila kita mampu bersabar dan tidak mengeluh atas penyakit tersebut, maka dosa-dosa yang kita lakukan akan digugurkan oleh Allah. Oleh sebab itu, ketiksa sakit maka bersabarlah sambil terus mencari penawarnya.

3. Kekhawatiran

Kesusahan selanjutnya yang diberikan Allah adalah muncul rasa kekhawatiran. Kekhawatiran apabila tidak segera diatasi dengan baik, maka bisa berakibat fatal. Oleh sebab itu, serahkanlah segala urusan kepada Allah. Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha dan berdoa, hasilnya biarlah Allah yang akan menentukan. Dengan demikian, hati akan menjadi lebih tenang sebab apa yang Allah berikan adalah yang terbaik bagi hamba-Nya.

4. Gangguan-gangguan

Kesusahan yang juga diberikan Allah kepada manusia adalah munculnya gangguan-gangguan dalam kehidupan. Gangguan ini bisa datang dari berbagai sisi. Bahkan di saat kita melakukan hal yang baik sekalipun, selalu ada saja gangguan yang akan menghalang-halangi. Sehingga apabila kita mampu bersabar dan yakin, maka hal tersebut bisa teratasi. Selain itu, dosa-dosa pun berguguran.

5. Kesedihan

Kesulitan terakhir yang Allah berikan kepada manusia untuk menghapuskan dosa-dosanya adalah berupa kesulitan. Tidak ada seorang pun yang tidak pernah merasakan kesedihan. Namun segala kesedihan dan duka yang menimpa seorang manusia melainkan sebuah ujian dari Allah.

 

 

Penulis : Oky Alexander Weni
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana