Instagram Tambahkan Fitur Baru untuk Menandai Konten dengan Kesalahan Informasi
Reuters
Technology

Instagram Tambahkan Fitur Baru untuk Menandai Konten dengan Kesalahan Informasi

Jumat, 16 Agt 2019 | 09:45 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Situs berbagi foto, Instagram mulai menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna melaporkan kiriman atau postingan yang mengandung informasi yang salah. Perusahaan mengumumkan hal ini kemarin pada Kamis (15/8/2019) dalam upayanya membendung berita bohong dan pelanggaran-pelanggaran lainnya pada platform milik Facebook ini.

Mengirim informasi palsu ke berbagai layanan social media milik Facebook sejauh ini memang belum dilarang. Namun perusahaan telah mulai mengambil langkah untuk membatasi jangkauan informasi palsu dan memperingatkan pengguna terkait klaim yang menimbulkan perselisihan.

Facebook telah menggunakan image-detection atau deteksi gambar pada Instagram sejak Mei lalu untuk menemukan konten yang terbukti palsu dalam aplikasi andalannya ini, selain juga memperluas program pengecek-fakta dari pihak ketiga ke dalam aplikasi.

Hasil yang dinilai salah atau palsu dihapus dari tempat-tempat di mana pengguna mencari konten baru, seperti tab ‘Explore’ atau ‘Jelajah’ dan hasil pencarian tagar (hashtag).

Facebook memiliki 54 mitra pengecek-fakta yang bekerja dalam 42 bahasa, namun program ini baru diluncurkan hanya di Amerika Serikat.

“Ini adalah langkah awal kami dalam upaya mengatasi dampak buruk kesalahan informasi, melalui pendekatan yang lebih komprehensif,” Kata Stephanie Otway, juru bicara dari perusahaan Facebook.

TAGS:
Instagramfiturberita bohongkesalahan informasi

RELATED STORIES

Loading interface...