Jadi Lomba Yang Ditunggu-tunggu, Ternyata Panjat Pinang Sudah Ada Sejak Zaman Belanda!
Panjat Pinang Sejak Zaman Belanda (sumber: The Jakarta Post)
News

Jadi Lomba Yang Ditunggu-tunggu, Ternyata Panjat Pinang Sudah Ada Sejak Zaman Belanda!

Sabtu, 17 Agt 2019 | 12:06 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Hari kemerdekaan Indonesia tidak hanya identik dengan upacara bendera. Tapi juga perlombaan yang biasa diadakan oleh masyarakat untuk memeriahkan dirgahayu Tanah Air. Salah satu lomba yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat, adalah panjat pinang.

Lomba ini biasanya dilakukan di lapangan terbuka dengan sebuah tiang dari batang pohon pinang dan terdapat beberapa hadiah di atasnya. Ketika lomba ini berlangsung, maka banyak masyarakat yang akan berkumpul untuk melihat para peserta yang berusaha untuk mengambil hadiah.

Tapi tahukah kamu bagaimana sejarah dari perlombaan ini? Ternyata, panjat pinang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Lomba ini dulunya dikenal dengan nama "de Klimmast", yang berarti memanjat tiang.

Panjat pinang awalnya merupakan bagian dari hiburan dalam sebuah acara orang besar bangsa Belanda. Biasanya panjat pinang diadakan saat orang-orang Belanda ini sedang mengadakan pesta pernikahan, hajatan, ulang tahun, atau acara besar lainnya.

Ide mengenai lomba ini dicetuskan oleh orang Belanda. Namun para pesertanya adalah orang Indonesia. Berbeda dari lomba panjat pinang saat ini yang hadiahnya berupa barang elektronik, sepeda, ataupun mainan.

TAGS:
lomba panjat pinangHari kemerdekaan RIHUT Kemerdekaan

RELATED STORIES

Loading interface...