Jakarta Jadi Lautan Cokelat, ini Tiga Titah Jokowi kepada Anies Baswedan
Presiden Joko Widodo (foto: Katadata)
Jakarta

Jakarta Jadi Lautan Cokelat, ini Tiga Titah Jokowi kepada Anies Baswedan

Rabu, 1 Jan 2020 | 20:07 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Presiden Joko Widodo menginstruksikan tiga hal yang harus dilaksanakan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama sejumlah kepala daerah satelit atau Jabodetabek pada awal 2020. Fokus yang diinstruksikan Jokowi adalah yang berkaitan dengan banjir.

“Pertama, urusan banjir. Hal terpenting adalah keselamatan warga,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Yogyakarta, dilansir dari Suara.com, Rabu (01/01).

Menurut Jokowi, badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pemerintah provinsi, hingga Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) harus terlibat secara bersama-sama.

“Untuk memberikan rasa aman, keselamatan, kepada warga yang terkena bencana banjir,” lanjutnya.

Hal kedua yang disinggung Jokowi adalah terkait fasilitas umum. “Kedua adalah adanya normalisasi fasilitas-fasilitas umum. Sebab bajir sudah masuk Halim, Tol Cikampek, juga beberapa objek vital. Saya kira harus segera ada normalisasi,” papar Jokowi.

Hal ketiga menurut pemaparan Jokowi adalah adanya kerjasama antara pemerintah pusat dan pemerintah provinsi untuk menanggulangi masalah ini.

Presiden menyebut Waduk Cimahi dan Waduk Ciawi kemungkinan besar tahun depan akan rampung. Kedua waduk ini diharapkan dapat mengurangi debut air yang datang di musim penghujan.

Jokowi juga telah memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk memeriksa beberapa daerah atau wilayah yang terkena banjir.

“Saya tadi sudah kasih perintah ke Menteri PU untuk segera cek lapangan,” tutur Jokowi menambahkan.

Tidak lupa, Jokowi juga menghimbau kepada masyarakat luas untuk berhati-hati dan selalu siaga dalam menghadapi banjir.

Hujan memang mengguyur wilayah Jabodetabek sejak Selasa (31/12) sore hingga Rabu (1/1) siang dengan intensitas tinggi sehingga banjir pun melanda warga di sejumlah wilayah.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan tentang akan adanya hujan deras di seluruh wilayah Jabodetabek, bahkan kemungkinan akan terjadi banjir pada bulan Februari dan Maret 2020.

 

TAGS:
JokowiJoko WidodoAnies BaswedanGubernur DKIDKI JakartaJakartaJabodetabekBanjir Jakarta

RELATED STORIES

Loading interface...