Jangan Abaikan Kebersihan Talenan! ini 6 Tips Biar Talenan Kamu Bersih Maksimal!
Kesehatan

Jangan Abaikan Kebersihan Talenan! ini 6 Tips Biar Talenan Kamu Bersih Maksimal!

Rabu, 11 Mei 2016 | 14:28 | kontributor

WinNetNews.com - Kamu suka masak? Talenan pasti jadi teman setia yang menemanimu saat masak. Untuk benda yang satu ini, jangan lupa ya perhatikan kebersihannya. Talenan biasa digunakan untuk memotong sayuran, buah-buahan, hingga daging mentah, jadi bayangkan ada banyak bakteri yang bersembunyi di balik talenan kamu sist!

Ada 6 cara untuk menjaga kebersihan talenan, yuk disimak!

1. Gunakan Minyak Sayur

image0

Kayu biasanya sangat berpori, karenanya talenan Anda membutuhkan lapisan protektif yang bisa mencegahnya menyerap semua cairan dari makanan - yang bisa berujung pada noda, perubahan rasa, atau kotoran. Untuk bisa melapisi talenan Anda secara benar, rendamlah talenan dalam minyak sayur, lalu lap menggunakan lap piring.

Biarkan selama beberapa jam, lalu lap semua kotoran dan cairan yang tersisa. Kayu talenan seharusnya menyerap sebagian besar minyak dan meninggalkan kilap samar pada permukaannya. Ulangi hal ini setiap bulan ya Winners!

 

2. Pakai Spons Halus

image1

Mencuci talenan adalah hal yang sangat penting dilakukan. Tapi jangan mencucinya dengan spons kawat yang biasa digunakan untuk mencuci panci dan kuali. Hal ini sangat buruk untuk talenan. Sebab besi atau kawatnya terlalu kasar, selain itu plastik spons yang tajam juga memiliki efek buruk pada talenan. Hal itu akan merusak lapisan minyak yang diberikan pada talenan.

 

3. Jaga Pisau Selalu Tajam

image2

Hal ini untuk mencegah kamu menekan terlalu keras saat memotong. Tekanan pisau yang terlalu keras akan meninggalkan goresan pada talenan, yang kemudian bisa jadi rumah tempat bakteri berkumpul.

 

4. Jangan Cuci Dengan Air Dingin

image3

Segera setelah digunakan, basuhlah talenan kamu dengan air panas bersabun. Cuci bersih sampai tak ada lagi busa sabun yang tertinggal. Jika kamu baru saja memotong daging, bersihkan talenan dengan campuran pemutih (1 sdt pemutih dengan 1 baskom air). Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas sampai bersih dengan air panas.

 

5. Keringkan Talenan

image4

Setelah dicuci, keringkan talenan. Lalu, berdirikan talenan sampai semua cairannya hilang. Jangan biarkan talenan tergeletak begitu saja, karena bagian bawahnya akan menahan bakteri dan membuatnya kotor kembali.

 

6. Jangan lupa untuk melakukan pembersihan menyeluruh

image5

Penting lho bagi kamu untuk membersihkan talenan secara total beberapa waktu sekali. Cara melakukannya adalah dengan menaburkan garam dan kemudian menggosoknya menggunakan potongan lemon. Air lemon akan berfungsi sebagai disinfektan dan menetralkan semua bau. Sedangkan garam akan mengangkat semua noda dan kotoran.

Sekian tips cara menjaga kebersihan talenan ya Winners. Dengan rutin menjaga kebersihan talenan, semoga masak mu jadi semakin bersemangat dan makanan yang kamu masak pun jadi lebih sehat. Selamat mencoba ya!

TAGS:
tipslemongarammasakMencucimerawattalenandapurminyak sayurtalenan kayu

RELATED STORIES

Loading interface...