Jangan Disepelekan! ini Ciri-ciri Seseorang Kurang Tidur!
Kesehatan

Jangan Disepelekan! ini Ciri-ciri Seseorang Kurang Tidur!

Minggu, 2 Okt 2016 | 23:30 | kontributor

WinNetNews.com - Tidur menjadi salah satu aktivitas yang dibutuhkan oleh setiap manusia untuk mengembalikan energinya sehingga siap beraktivitas keesokan harinya. Namun karena kesibukan yang dijalani serta segudang aktivitas lainnya membuat seseorang sulit mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berujung pada masalah kesehatan. Berikut lima tanda bahwa Anda kurang tidur :

1. Bersikap Impulsif

Salah satu gejala kurang tidur adalah melakukan hal-hal tanpa berpikir lebih dulu ketika tubuh merasa lelah. Misalnya mengatakan hal yang seharusnya tidak dikatakan dan malah menyakiti hati orang lain, atau melakukan sesuatu yang seharusnya tidak harus dilakukan.

2. Sering Lupa Ingatan

Saat merasa lelah, Anda sulit mengingat kembali hal-hal yang telah dilakukan. Peneliti dari The National Insitutes of Health Amerika menunjukkan bahwa tidur dapat membuang racun molekul yang Anda di dalam otak.

3. Sulit Membuat Keputusan

Kurang tidur dapat berpengaruh kepada kecepatan tingkat kognitif seseorang. Artinya, mereka menjadi lebih sulit untuk membuat keputusan atau mengatur waktunya. Hal tersebut ditunjang oleh sebuah riset pada 2009 yang menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur sulit mengerjakan setidaknya 2,4 persen dari pekerjaan yang diberikan.

4. Berkurangnya Kemampuan Motorik

Sulit menggerakan oto motorik menandakan Anda kurang waktu tidur. Karena saat tubuh lelah, ada selang waktu di mana sistem neurologi Anda berfungsi secara normal. Tubuh yang lelah dan kurang tidur juga berpengaruh kepada gerakan Anda yang sulit.

5. Lebih Emosional

Saat kurang tidur rasa emosi lebih sulit untuk dikontrol. Hal itu wajar karena salah satu penyebab kurang tidur bisa saja datang dari masalah pekerjaan, atau urusan pribadi yang menyangkut emosi.

6. Masalah Penglihatan

Ketika tubuh merasa lelah, Anda tidak bisa mengontrol otot mata sehingga berpengaruh kepada penglihatan. Hasilnya, Anda sulit membaca dari jarak dekat dan sulit membaca tulisan dengan paragraf yang cukup banyak.

7. Kulit Wajah Bermasalah

Tidak mendapatkan tidur yang cukup dapat membuat proses perbaikan sel kulit terhambat dan mempengaruhi keseimbangan hormon. Hal itu juga mempengaruhi kadar hormon esterogen yang lebih cepat naik. Akibatnya, timbul jerawat di sekitar wajah dan perlahan kulit akan terlihat menua karena kekurangan kolagen yang diproduksi saat Anda tidur.

TAGS:
efekkurang tidurtidur malamgejala kurang tidur

RELATED STORIES

Loading interface...