Jangan Konsumsi Jenis Makanan dan Minuman Ini Selama Berpuasa

Daniel
Daniel

Jangan Konsumsi Jenis Makanan dan Minuman Ini Selama Berpuasa Foto: Halal Bites

Winnetnews.com - Menahan rasa lapar dan haus pada saat berpuasa memang bukan hal yang mudah. Makanan dan minuman yang dikonsumsi pada saat sahur atau berbuka juga harus diperhatikan agar metabolisme tubuh bisa terjaga. Mengutip Halodoc, berikut ini adalah tiga makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi pada saat berpuasa.

Makanan Pedas

Masakan Indonesia terkenal kaya akan rempah dan cita rasa yang sangat kuat. Salah satunya adalah rasa pedas yang jadi favorit masyarakat Indonesia. Namun pada saat berpuasa, sebaiknya Anda menghindari makanan pedas. Terutama untuk Anda yang memiliki masalah asam lambung, maka makanan pedas wajib dihindari.

Mengkonsumsi makanan pedas dalam keadaan perut kosong dapat meningkatkan asam lambung. Selain itu, perut juga jadi sangat sensitif ketika mengkonsumsi makanan pedas dan dapat memicu kambuhnya maag.

Hidangan Keju

Keju memang jadi salah satu pelengkap yang seringkali ditemukan pada ta’jil untuk berbuka puasa. Namun, mengkonsumsi keju dalam jumlah banyak pada saat berpuasa dapat menyebabkan masalah pada lambung Anda.

Usahakan mengkonsumsi keju dalam jumlah yang sedikit baik itu saat berbuka maupun sahur. Selain dapat menyebabkan masalah pada lambung, terlalu banyak mengkonsumsi keju saat berpuasa juga dapat menyebabkan perut kembung.

Kopi dan Minuman Bersoda

Menyeruput kopi pada saat sahur, atau meminum soda sebagai pendamping hidangan buka puasa memang sangat nikmat sekali. Akan tetapi, ternyata kopi dan minuman bersoda merupakan jenis minuman yang dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Berlebihannya produksi asam lambung dapat membuat perut Anda tidak nyaman karena terasa kembung, plus bisa berujung pada rasa mual. Oleh karena itu usahakan minum air putih sebagai penamping berbuka maupun sahur.