Jangan Sering Bersihkan Bagian Tubuh Ini, Bisa Bahaya
Sumber: In Actual
Kesehatan

Jangan Sering Bersihkan Bagian Tubuh Ini, Bisa Bahaya

Jumat, 20 Sep 2019 | 19:00 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Menjaga kebersihan tubuh memang menjadi kewajiban setiap orang. Dalam menjaga kebersihan tubuh, kita bisa melakukannya dengan menyikat gigi, mencuci tangan, ataupun mandi.

Dengan selalu menjaga kebersihan tubuh, maka kesehatan tubuh kita akan tetap terjaga. Namun ternyata, ada beberapa bagian tubuh yang disarankan untuk tidak boleh terlalu sering dibersihkan lho.

Bahkan, jika kamu terlalu sering membersihkannya, bukannya sehat tubuh kamu malah bisa mengalami efek yang buruk. Yuk simak, bagian tubuh mana saja yang sebaiknya tidak sering-sering kamu bersihkan.

Rambut

image0

Keramas setiap kali mandi merupakan kebiasaan yang keliru untuk tetap merawat kesehatan rambutmu. Sebab, rambut kamu malah bisa terlihat lebih berkilau jika memiliki sedikit minyak alami. Namun, jika kamu terlalu sering keramas, minyak ini akan terkikis. Alasan lain kenapa kamu sebaiknya tidak terlalu sering keramas yakni untuk memberikan kesempatan pada kulit kepala untuk menyeimbangkan dirinya sendiri.

Telinga

image1

Jika setelah mandi orang-orang sering menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga, maka sebaiknya jangan lagi melanjutkan kebiasaan ini. Sebab, membersihkan telinga dengan cotton bud sama saja dengan menggeser kotoran telinga lebih jauh ke dalam liang telinga. Hal ini bisa menyebabkan rasa nyeri serta gangguan pendengaran.

Selain itu, telinga juga memiliki mekanisme pembersihan internal sendiri. Lemak dan minyak dalam saluran telinga akan memerangkap partikel asing di dalam telinga dan mengeluarkannya sbeagai kotoran. Jadi, kotoran telinga bisa keluar dengan sendirinya.

Pusar

image2

Pusar ternyata tidak boleh sering-sering dibersihkan lho. Meskipun pusar memiliki begitu banyak kotoran, jika pusar sering dibersihkan malah akan membuat tubuh kita rentan terkena infeksi. Membersihkan pusar juga tidak boleh sembarangan. Saat memberishkannya, kita harus hati-hati. Sebab, kulit di sekitar pusar lebih tipis dibandingkan kulit di bagian tubuh yang lain.

TAGS:
kebersihan tubuhrambuttelingapusar

RELATED STORIES

Loading interface...