Jantung Berdebar Usai Sarapan? Coba Atasi dengan Hal Berikut
ilustrasi
Kesehatan

Jantung Berdebar Usai Sarapan? Coba Atasi dengan Hal Berikut

Senin, 30 Sep 2019 | 20:25 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Tidak semua orang terbiasa untuk mengonsumsi sarapan pagi. Ada yang mengaku merasakan sensasi tidak nyaman pada perut setelah mengonsumsinya. Bahkan, ada yang sampai merasakan sensasi jantung yang berdebar-debar setelah sarapan. Apakah hal ini menandakan masalah kesehatan yang serius?

Alasan Jantung Berdebar Setelah Sarapan

Pakar kesehatan menyebut gejala jantung berdebar ini bisa terjadi saat kita baru saja menelan makanan atau berdiri dari kursi usai mengonsumsinya. Kondisi ini bisa saja terkait dengan kecemasan atau stres.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa memicu hal ini seperti kadar elektrolit yang tidak normal, mengalami hipoglikemia, dehidrasi, alergi pada makanan tertentu, konsumsi sodium berlebihan, hingga konsumsi makanan tinggi karbohidrat, gula olahan, serta alkohol.

Jika kita mengonsumsi makanan dengan kandungan MSG yang tinggi, bisa jadi gejala jantung berdebar akan muncul. Selain itu, bagi sebagian orang, sarapan sambil mengonsumsi minuman berkafein seperti teh atau kopi juga bisa menyebabkan dampak ini.

Meskipun begitu, pakar kesehatan menyebut konsumsi kopi dan teh saat sarapan seharusnya tidak memberikan dampak kesehatan yang buruk, meskipun memang jika dikonsumsi setelah makan bisa saja mengganggu proses penyerapan zat besi. Hal ini berarti, asalkan diberi jeda waktu, konsumsi minuman ini justru bisa memberikan manfaat positif bagi jantung.

Bagi kaum hawa, kondisi menstruasi, mengalami kelahmilan, atau telah berada dalam fase menopause juga bisa menyebabkan jantung berdebar-debar saat sarapan. Hal ini biasanya terkait dengan masalah hormon.

Jika kita sebelumnya juga kurang tidur, tubuh juga akan lebih mudah mengalami gejala jantung berdebar-debar atau sakit kepala.

TAGS:
jantung berdebarusai sarapan

RELATED STORIES

Loading interface...