Jawaban MK Soal Uji Materi Cuti Calon Petahana
Politik

Jawaban MK Soal Uji Materi Cuti Calon Petahana

Jumat, 5 Agt 2016 | 14:47 | Rusmanto
WinNetNews.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana mengajukan uji materi Undang-undang nomor 8 tahun 2015 tentang pemilihan kepala daerah. Ahok berencana menguji pasal yang berkaitan dengan cuti kepala daerah petahana yang ingin bertarung di pilkada.

Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat mengatakan, permohonan uji materi yang diajukan Ahok telah masuk ke MK. Namun, uji materi belum terdaftar karena masih menunggu berbagai kelengkapan dari uji materi itu.

Arief menjelaskan, MK sudah pernah memutuskan uji materi permasalahan yang serupa dengan uji materi Ahok. Saat itu MK mempertimbangkan, kepala daerah petahana dapat memanfaatkan statusnya untuk berbagai macam kepentingan. Oleh karena itu, MK memutuskan kepala daerah petahana harus cuti dalam menghadapi masa kampanye.

Mantan Ketua MK Hamdan Zoelva menjelaskan, ada pengalaman tak elok yang dilakukan petahana saat sosialisasi diri dalam kampanye. Calon kepala daerah petahana memanfaatkan perjalanan dinas untuk mengenalkan program yang akan mereka usung untuk periode berikutnya.

"Jadi memang itu jadi masalah, dulu sebenarnya UU nomor 32 tahun 2004 lebih keras lagi bahwa bagi petahana yang ingin maju lagi, enam bulan sebelumnya harus mundur," kata Hamdan.

Undang-undang itu kemudian dibatalkan MK karena dianggap melanggar hak dari kepala daerah untuk menjabat selama lima tahun penuh.

Hamdan mengatakan, kebijakan yang ada saat ini bertujuan untuk menjaga agar dalam waktu enam bulan sebelum pelaksanaan pemilihan tak ada pengunaan wewenang yang melampaui dilakukan petahana sehingga merugikan calon pasangan lain.

Penggunaan wewenang yang melampaui ini dapat menimbulkan persaingan yang tak imbang antara pasangan calon. Hamdan menegaskan, kebijakan yang ada saat ini merupakan aturan yang bagus. Ada banyak pengalaman pahit jelang pemilihan kepala daerah dilakukan calon petahana.

TAGS:
AhokBasuki Tjahaja Purnamauji materi

RELATED STORIES

Loading interface...