Jenderal TNI/Polri Melenggang di Kabinet, Pengamat Politik Sebut Jokowi Butuh ‘Rasa Aman’
Joko Widodo (South China Morning Post)
Politik

Jenderal TNI/Polri Melenggang di Kabinet, Pengamat Politik Sebut Jokowi Butuh ‘Rasa Aman’

Kamis, 24 Okt 2019 | 09:30 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Terdapat enam jenderal dari TNI dan Polri yang ditunjuk menjadi menteri dalam kabinet Indonesia Maju milik Presiden Joko Widodo. Penunjukkan keenam jenderal ini menurut pengamat kebijakan publik, Agus Pambagia, menandakan bahwa Jokowi butuh ‘rasa’ aman di pemerintahannya.

Agus mengatakan bahwa Jokowi memiliki agenda dan target tersendiri di periode 2019-2024. Salah satu agenda yang cukup penting di periode Jokowi adalah Pilkada 2020 yang digelar serentak di sejumlah daerah.

“Jokowi pasti punya target tersendiri karena kita punya problem dengan Islam kanan yang ramai. Ia perlu merasa secure. Tahun depan kita sudah Pilkada. Mendagri haru bisa tegas. Saya kira banyak hal-hal yang mungkin saya nggak tahu latar belakang Pak Jokowi, tapi menurut saya memang untuk memberu ‘rasa aman’ saja,” kata Agus, dilansir dari Detik.com, Kamis (24/10).

Agus tidak mempermasalahkan penunjukkansosok berlatar belakang TNI/Polri untuk duduk di kursi kabinet. Menurutnya, selama keseimbangan di kabinet bisa terjaga dengan baik, maka tidak akan susah bagi Jokowi untuk menjalankan pemerintahan.

Selain bicara tentang keseimbangan, Agus juga menjelaskan tentang kriteria yang harus ada dalam menteri. “Pertama, menteri-menteri harus punya integritas. Kedua, harus punya leadership. Ketiga, harus bisa jadi quick learner, kalau tidak begini habis waktunya. Di periode sebelumnya, banyak menteri yang tidak bisa belajar cepat jadi terkesan tidak punya kemajuan yang berarti di sektornya. Keempat, menteri harus sudah kenyang. Artinya, dia hanya akan fokus pada tugas dan fungsinya sebagai menteri dan tidak akan berpikir atau berbuat yang macam-macam,” pungkasnya.

TAGS:
JokowiJoko WidodoKabinet Indonesia MajuTNIPolriAgus Pambagio

RELATED STORIES

Loading interface...