Jenis baru api berwarna biru ditemukan
Internasional

Jenis baru api berwarna biru ditemukan

Jumat, 12 Agt 2016 | 18:48 | Rike
WinNetNews.com-Para ilmuwan temukan jenis api baru dengan pusaran berwarna biru yang mampu membersihkan bekas pembakaran tempat bahan bakar, malah juga pembersih tumpahan minyak.

Ilmuwan menemukan jenis api baru yang memiliki pusaran berwarna biru dimana mampu membersihkan bekas pembakaran tempat bahan bakar, bahkan pembersih tumpahan minyak. Pusaran api tersebut menghasilkan panas dan turbulensi angin yang menciptakan tornado kecil dari api. Para peneliti menyebutkan bahwa mereka belum pernah mengobservasi jenis api seperti itu.

"Tornado api itu terlihat sangat mengerikan dan menghancurkan sekitarnya. Namun seperti listrik, dapat kita memanfaatkannya? Jika kita mengerti, mungkin kita bisa mengontrol dan menggunakannya," ucap teknisi perlindungan api, Michael Gollner dari University of Maryland.Dalam percobaan yang dilakukan, terlihat di awal, api berwarna kuning kemerahan yang berasal dari radiasi partikel dan menunjukkan bahwa tak terdapat cukup oksigen yang mampu membakar bahan bakar yang ada. Warna biru kemudian menunjukkan bahwa bakan bakar yang ada secara keseluruhan sudah terbakar, yang berarti emisi karbonnya sudah lemah.

Tapi para peneliti masih belum dapat memahami dengan api biru yang mereka ciptakan, termasuk bagaimana cara mereka melakukan pembakaran.


TAGS:

RELATED STORIES

Loading interface...