Joko : Ada Konsleting pada Kabel Pompa Air di Waduk Pluit
Nasional

Joko : Ada Konsleting pada Kabel Pompa Air di Waduk Pluit

Kamis, 14 Jul 2016 | 23:07 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com -  Penanggung jawab pompa air Pluit, Joko menjelaskan, matinya empat pompa yang ada di Waduk Pluit bukan karena keempat pompa tersebut rusak. Joko menyebut adanya korsleting di sejumlah kabel yang terpasang di pompa itu.

Joko menjelaskan, keempat pompa air itu berada di gedung bagian tengah. Keempat pompa tersambung dengan 16 kabel dengan ukuran 40 milimeter. Dari 16 kabel, ada dua kabel yang mengalami korsleting.

Joko menyebut, sebenarnya dari dua kabel yang korslet, hanya dua pompa air yang tidak bisa bekerja. Sedangkan dua pompa lagi masih bisa bekerja, namun memang dibutuhkan sedikit pengerjaan untuk memutuskan dua kabel yang rusak agar dua pompa lainnya bisa berfungsi.

Joko tidak mengetahui mengapa pengerjaan itu tidak dilakukan. Saat ini, operator pompa bagian tengah dipegang oleh PT Asiana.

"Sebenarnya kalau dia (PT Asiana) mau, itu dua pompa bisa jalan. Tapi saya enggak tahu kenapa nggak dikerjakan. Atau mungkin memang dia mau mengganti semua kabel," ujar Joko.

Di Waduk Pluit ada 10 pompa yang terpasang. Pompa air dibagi dalam tiga bagian, pompa bagian Timur sebanyak tiga unit dengan kekuatan pompa sebesar 15.000 liter per detik, bagian Tengah sebanyak empat pompa dengan kekuatan 16.000 liter per detik, dan bagian Barat sebanyak tiga unit pompa dengan kekuatan sebesar 18.000 liter per detik.

Meski tidak mengetahui dengan pasti kapan kabel itu akan diganti, namun dirinya mendengar akan ada perbaikan yang dilakukan pada tahun ini.

"Saya sudah lapor ke atasan saya di Dinas Tata Air, kabarnya perbaikan tahun ini juga, tapi katanya biaya perbaikan sampai ratusan juta. Makanya ada kemungkinan untuk dilelang," ujar Joko.

Sebelumnya, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menyebut ada empat pompa di Waduk Pluit yang mati karena diduga ada sabotase.

TAGS:
JokoWaduk PluitPompa Air PluitKonsletingPT Asiana

RELATED STORIES

Loading interface...