Jokowi: Di Luar Kampus Ada yang Mendidik Mahasiswa Jadi Ekstrimis dan Radikalis

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 12 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Jokowi: Di Luar Kampus Ada yang Mendidik Mahasiswa Jadi Ekstrimis dan Radikalis
Presiden Joko Widodo

Winnetnews.com -  Presiden Joko Widodo mengingatkan rektor perguruan tinggi harus ikut bertanggung jawab atas mahasiswanya baik di dalam maupun di luar kampus. 

Hal itu disampaikan Jokowi dalam Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia yang dilaksanakan di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Kota Surakarta, Senin (13/9).

"Di luar kampus pun menjadi tugas rektor dan seluruh jajarannya, hati-hati. Di dalam kampus dididik mengenai Pancasila, kebangsaan, tapi di luar kampus ada yang mendidik mahasiswa kita jadi ekstremis garis keras, jadi radikalis garis keras, untuk apa?" kata ujar Jokowi seperti disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi menyebut ada mahasiswa yang mendapat pendidikan budi pekerti di dalam kampus, namun terjerumus narkoba saat di luar kampus.

Ia menekankan pentingnya perguruan tinggi mendidik mahasiswa sumber daya manusia yang unggul, sehat jasmani rohani, dan memiliki budi pekerti dan visi kebangsaan yang baik.

Mantan Wali Kota Solo itu bercerita saat masih menjadi mahasiswa di UGM, tidak sedikit mahasiswa yang terkena penyakit hepatitis dan tipes akibat hidup tidak sehat.

"Karena apa? Warung-warung makan mencuci piringnya di ember, airnya satu ember, dipakai pagi sampai tengah malam. Berikan mereka air mengalir," ujar Jokowi.

"Hal-hal kecil-kecil, tetapi ya percuma kalau orang sepintar apa pun kalau tidak sehat, untuk apa? Itu yang tadi saya sampaikan, unggul dan utuh," tutur Jokowi.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...