Jokowi Izinkan Rektor UI Rangkap Komisaris BUMN, Demokrat: Kredibilitas UI Dirusak!
Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra.
Nasional

Jokowi Izinkan Rektor UI Rangkap Komisaris BUMN, Demokrat: Kredibilitas UI Dirusak!

Kamis, 22 Jul 2021 | 10:51 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengizinkan rektor UI rangkap jabatan Komisaris BUMN banyak menuai kritik. Salah satunya datang dari Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra.

Ia menyebut keputusan Jokowi yang tertuang dalam PP Nomor 75/2021 itu telah merusak kredibilitas UI.

"Kalau aturan bisa disesuaikan dengan selera penguasa, akan jadi negeri apa kita? Kalau kampus seharusnya jadi benteng terakhir terkait integritas dan kredibilitas, kali ini Universitas Indonesia malah dirusak kredibilitasnya oleh aturan ini. Apakah ini disengaja oleh Presiden Jokowi," kata Herzaky, Rabu (21/7), dikutip dari detikcom.

"Agar masyarakat mencemooh Rektor UI dan institusi UI? Agar tiap peringatan moral, analisis kritis dari UI dan alumninya jadi tumpul? Karena ternyata pemimpin tertinggi di kampusnya seakan maruk jabatan? Padahal, tiap komisaris dan direksi BUMN, seharusnya diseleksi ketat," tambahnya.

Herzaky mengaku heran bagaimana bisa rektor UI rangkap jabatan komisaris BUMN. Padahal dalam aturan sebelumnya dilarang.

"Mengapa bisa Rektor UI terpilih jadi komisaris salah satu BUMN pada tanggal 18 Februari 2020 lalu, jika ada aturan yang sebelumnya melarang? Bagaimana ini tim Menteri BUMN Erick Thohir," ujarnya.

TAGS:
herzaky mahendra putraPartai Demokrat

RELATED STORIES

Loading interface...