Jokowi-Ma'ruf Amin 'Kuasai' Eropa, Menang Telak atas Prabowo-Sandiaga

Daniel
Daniel

Jokowi-Ma'ruf Amin 'Kuasai' Eropa, Menang Telak atas Prabowo-Sandiaga Foto: KBRI Jerman

Winnetnews.com - Pilpres 2019 dilangsungkan tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Beberapa negara di Eropa sudah menyelesaikan perhitungan suara. Tercatat di Berlin, London, Budapest, dan Kopenhagen pasangan Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin berhasil unggul dengan perbedaan persentase yang cukup signifikan.

Dimulai dari Kopenhagen, Jokowi-Ma’ruf Amin meraih 440 suara atau 79,7 persen. Sedangkan pasangan Prabowo-Sandiaga mendapatkan 76 suara atau 13,7 persen. Lalu suara tidak sah di Kopenhagen mencapai 6,5 persen. Tingkat partisipasi di Kopenhagen menurut Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di sana mencapai 77 persen.

Sementara PPLN Budapest, Hungaria, mengumumkan hasil perhitungan suara kemarin. Dari hasil yang didapat, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin juga unggul dengan perolehan suara mencapai 72 persen (227 suara). Sementara pasangan Prabowo-Sandiaga mendapatkan 89 suara atau hanya 28 persen dari total suara.

Para warga negara Indonesia di London juga menggunakan hak suaranya kemarin di KBRI London, Inggris. Hasilnya menunjukkan pasangan calon nomor urut 01 mendapatkan 2.966 suara atau sebesar 73.82 persen. Sementara pasangan Prabowo-Sandiaga memperoleh 942 suara atau 23,44 persen.

Pasangan Calon Jokowi-Ma’ruf juga unggul di pemilihan yang dilakukan di Berlin, Jerman. Paslon nomor urut 01 tersebut mengungguli pasangan Prabowo-Sandiaga dengan perbandingan persentase 76,34%-23,66%. 

Hasil berbagai lembaga hitung cepat juga menempatkan Jokowi-Ma’ruf Amin dengan persentase yang mengungguli Prabowo-Sandiaga. Meski demikian hasil resmi dari Pilpres 2019 bakal diumumkan oleh KPU satu bulan lagi.