Jokowi-Ma’ruf Dilantik, Banyak Orang Biasa-Biasa Saja
Foto: Liputan6
Nasional

Jokowi-Ma’ruf Dilantik, Banyak Orang Biasa-Biasa Saja

Senin, 21 Okt 2019 | 09:30 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Pada Minggu (20/10) kemarin, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin resmi dilantik menjadi presiden dan wakil presiden Republik Indonesia untuk periode 2019-2024. Banyak masyarakat Indonesia yang turut bergembira dengan adanya kabar pelantikan ini. Beberapa lembaga dan kelompok tertentu bahkan memasang baliho dan banner di sepanjang jalan untuk memberi ungkapan selamat kepada keduanya.

Namun kegembiraan rupanya tidak dirasakan semua orang. Beberapa orang mengaku jika mereka merespon momen gembira ini dengan biasa-biasa saja dan tetap menghabiskan waktu untuk liburan akhir pekan. Dilansir dari CNN Indonesia, Senin (21/10), salah satu warga bernama Rio Mahendra (25) mengaku jika dirinya tidak tertarik untuk mengikuti acara pelantikan.

Hal ini diungkapannya saat berbelanja di pusat perbelanjaan di Jakart Pusat. Ia lebih suka menghabiskan harinya untuk berswafoto dengan teman-teman nongkrongnya. “Paling nonton di TV saja. Buat Pak Presiden nanti lebih baik berantas korupsinya saja deh,” kata Rio, dikutip dari CNN Indonesia.

Selain Rio, ada juga Tias (28) yang lebih asik melancong mengambil beberapa gambar untuk foto ketimbang mengikuti acara pelantikan presiden. “Saya memang punya hobi fotografi. Kurang tertarik saja ikut dan nonton pelantikan. Menurut saya masa jabatan dia yang sebelumnya tidak menghasilkan apa-apa. Tapi ya sudah memang rakyat pilihnya dia mau bagaimana lagi. Semoga di masa jabatan yang sekarang dia mau mendengarkan apa yang dibilang rakyat. Harapan saya untuk waktu dekat ini mungkin terkait pelemahan KPK. Jangan sampai lah KPK dilemahkan,” cerita Tias.

Beberapa warga, khususnya di Jakarta, memang mengaku tidak terlalu berminat untuk hadir di pelantikan. Namun bukan berarti mereka tidak memberi perhatian terhadap beberapa masalah yang terjadi di pusaran pemerintahan.

Hal ini diungkapkan oleh Duta Adipati (19), seorang seniman yang bekerja ketika hari dimana Jokowi-Ma’ruf dilantik. Saat ditemui, Duta justru terlihat sibuk berkutat dengan lembaran-lembaran plastik untuk membuat karya dari limbah daur ulang.

“Pelantikan mah pelantikan deh situ. Kalau untuk kita fokus saja apa yang bisa kerjakan untuk orang lain atau apa yang bisa dipelajari dari orang lain. Banyak dari kita menganggap pelantikan itu kan seperti formalitas saja, tapi sekarang kita beri pertanyaan, sudah sejauh mana peran negara untuk para seniman? Jika mau menembus dunia sekarang harus pakai karya, bukan pakai perang,” jelas Duta.

Tidak hanya di kalangan dewasa, sikap santai dan biasa-biasa saja juga ditunjukkan oleh seorang pelajar dari SMA Negeri 1 Jakarta Wahyu Rizki (16) yang menuntut janji dan kinerja Jokowi-Ma’ruf. Wahyu mengaku jika dirinya tahu tentang informasi pelantikan Jokowi-Ma’ruf namun dirinya memilih untuk menghabiskan waktu untuk bermian dan hang out dengan teman-teman sekolahnya.

“Kalau ada orang yang mau merayakan pelantikan ya tidak papa. Saya mending di rumah saja atau menghabiskan waktu untuk weekend,” kata Wahyu di sela break bermain skuter di kawasan Jakarta Pusat.

Ia menambahkan, “Saya hanya berharap Indonesia bisa lebih maju, perekonomiannya lebih tumbuh, dan pemerataan pembangunan tidak dilakukan di Jawa saja, tapi di seluruh Indonesia,” ungkap Wahyu.

TAGS:
JokowiJoko WidodoMa'ruf AminPenatikan JokowiPelantikan Ma'ruf AminBamsoetWarga Jakarta

RELATED STORIES

Loading interface...