Jokowi: Musim hujan, Waspadai Banjir Ayo Gotong Royong Bersihkan Saluran Air

Liani

Dipublikasikan 6 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Jokowi: Musim hujan, Waspadai Banjir Ayo Gotong Royong Bersihkan Saluran Air
WinNetNews.com - Memasuki musim hujan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat mewaspadai kemungkinan banjir. Dia mengajak masyarakat gotong royong membersihkan saluran air.

"Musim hujan, waspadai kemungkinan banjir. Ayo gotong royong bersihkan saluran air. Jangan buang sampah sembarangan-Jkw," kata Jokowi lewat akun Twitter pribadinya @jokowi seperti dikutip detik, Rabu (27/1/2015).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musim hujan akan terjadi di akhir Januari dan Februari 2016. Hujan akan memasuki fase netral pada bulan Maret atau April 2016.

Baca Juga: Jabodetabek Diprakirakan Akan Diguyur Hujan Siang Hingga Malam

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek juga meminta warga waspada pada penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) selama musim hujan. Sarang nyamuk di rumah dan lingkungan harus diberantas.

 

Data dari Direktorat Jenderal Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan menyebut pada bulan Januari 2016, terdapat 1.699 kasus demam berdarah di Indonesia. Dari seluruh kasus tersebut, 22 orang dinyatakan meninggal dunia.

Baca Juga: APDI, Pastikan Harga Daging Sapi Kembali Normal

Nila mengingatkan, program 3 M (mengubur, menguras, menutup) yang selama ini menjadi langkah pencegahan DBD harus benar-benar diterapkan. Khusus untuk lingkungan rumah, ia menaruh perhatian pada genangan air yang terkadang luput dari kewaspadaan pemilik rumah.

"Nyamuk DBD itu senangnya air bersih. Kami juga minta masing-masing di rumah kita tolong jangan sampai ada jentik-jentik nyamuk, perhatikan air yang tergenang, yang di kolam ikan tolong dikuras," ujar Nila di Kantor Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (26/1).

Dilansir dari laman detik

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...