Jokowi Resmi Nyatakan PNS, TNI, Polri, Pegawai BUMN Dilarang Mudik
Foto: The Jakarta Post
Nasional

Jokowi Resmi Nyatakan PNS, TNI, Polri, Pegawai BUMN Dilarang Mudik

Kamis, 9 Apr 2020 | 18:14 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah menyatakan larangan mudik lebaran kepada aparatur sipil negara (ASN), TNI, POLRI, TNI dan BUMN.

Hal tersebut disampaikan dalam keterangan pers yang digelar di Istana Negara, Kamis (9/4).

"Kebijakan mengenai mudik, ini yang pertama hari ini sudah kami putuskan. Bahwa untuk ASN, TNI, dan Polri dan pegawai BUMN dilarang mudik," kata Jokowi dilansir dari Merdeka.com

Sedangkan untuk masyarakat umum, Jokowi mengungkapkan pemerintah akan kembali mengkaji dan mengevaluasi terkait dengan peraturan mudik di tengah pademi corona di Indonesia.

"Untuk masyarakat kita akan melihat lebih detail di lapangan. Akan mengevaluasi dari hal-hal yang ada di lapangan," tambahnya..

Meski begitu, pemerintah juga sudah memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat untuk tidak mudik ke kampung halaman sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Sebagai gantinya, pemerintah akan memberikan bantuan sosial berupa paket sembako kepada masyarakat untuk mencegah masyarakat yang mudik yang ada di wilayah Jabodetabek.

"Sekali lagi pemerintah menganjurkan untuk tidak mudik. Dan tadi sudah saya sampaikan bahwa penyaluran bansos khususnya di Jabodetabek kita berikan agar warga mengurungkan niatnya untuk mudik."

Selain itu, untuk mencegah adanya gelombang mudik yang masif, Jokowi menyatakan pemerintah juga akan memberlakukan pembatasan kapasitas transportasi umum, kendaraan pribadi dan pembatasan kapasitas mobil serta motor.

"Kemudian juga transportasi umum juga akan kita batasi kapasitasnya. Kemudian yang memakai kendaraan pribadi akan kami batasi. Dengan pembatasan kapasiats angkut mobil dan motor," katanya.

TAGS:
BUMNTNIPolriPNSmudikJokowi

RELATED STORIES

Loading interface...