Jokowi Resmi Pilih Listyo Sigit Prabowo Jadi Calon Tunggal Kapolri Baru
Foto: JPNN
Nasional

Jokowi Resmi Pilih Listyo Sigit Prabowo Jadi Calon Tunggal Kapolri Baru

Rabu, 13 Jan 2021 | 12:10 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Presiden Joko Widodo (Jokow) telah menyerahkan surat berisi nama calon Kapolri kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Jokowi diketahui mengajukan calon tunggal, yakni Listyo Sigit Prabowo sebagai pengganti Idham Aziz yang akan pensiun pada 1 Februari 2021.

"Presiden Jokowi menyampaikan calon tunggal Bapak Doktorandus Listyo Sigit Prabowo Msi yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri," kata Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1).

Dalam pengumuman itu, Puan juga didampingi Azis Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, dan Rachmat Gobel, selaku pihak yang menerima surat yang diantarkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Kami berharap surat ditindaklanjuti oleh DPR secepat-cepatnya," kata Pratikno.

Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sendiri saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Polri sejak Desember 2019 menggantikan Jenderal Idham Azis yang diangkat menjadi Kepala Kepolisian RI menggantikan Jenderal (Purn) Tito Karnavian.

Sebelumnya Listyo yang merupakan lulusan Akpol 1991 ini sempat  bertugas sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Sulawesi Tenggara. Pada 2014. Listyo ditunjuk sebagai Ajudan Presiden Jokowi.

Kemudian sekitar dua tahun setelahnya Oktober 2016, Listyo menjabat Kapolda Banten dengan pangkat Brigadir Jenderal. Pada Agustus 2018, dia menyandang pangkat inspektur jenderal yang disematkan oleh mantan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri. Tak lama, Listyo dipromosikan menjadi Kadiv Propam Polri pada Agustus 2018.

TAGS:
KapolriListyo Sigit Prabowo

RELATED STORIES

Loading interface...