Jokowi: Siapa Suruh Makan Jalan Tol? Sakit Perut Lho Nanti

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Jokowi: Siapa Suruh Makan Jalan Tol? Sakit Perut Lho Nanti Sumber foto: news.detik.com

Winnetnews.com - Saat berhadapan dengan para kader HMI, Presiden Jokowi sempat memberikan komentarnya mengenai infrastruktur yang telah dilakukan pemerintah. Menurut Jokowi, terdapat beberapa jumlah masyarakat yang tetap bertentangan dengan pembangunan-pembangunan tersebut. Walaupun demikian, Jokowi tetapi menilai pembangunan jalan tol harus tetap dijalankan demi kemajuan negara Indonesia.

"Ada yang menyampaikan, 'Pak, kami tidak setuju jalan tol, kami tidak makan jalan tol'. yang suruh makan jalan tol siapa? Nanti makan semen, aspal, nanti sakit perut," ujar Jokowi saat berada di peringatan HUT HMI yang berada di kediaman Akbar Tanjung, Kebayoran, jakrta, Selasa (5/2/2019).


Sumber foto: tribunnews.com

Ia pun turut menjelaskan bahwa Indonesia baru mampu membangun jalan tol sepanjang 780 kilometer sejak tahun 1978. Dikarenakan itu, negara Indonesia masih kalah jauh dibanding negara-negara tetangga lainnya, terutama China.

"Bagaimana manajemen jalan tol dan lain-lain, mereka lihat semuanya. Tapi selama 40 tahun, kita hanya membangun 780 kilometer. Langsung saya bandingkan, China (sudah membangun) 28 ribu kilometer," tambahnya.

"Sampai saat ini sudah kita bangun dan operasional 782 kilometer selama 4 tahun. Tapi Insya Allah, sampai akhir tahun ini akan selesai 1.854 kilometer. Meskipun jauh dari 28 ribu kilometer, tapi paling tidak kita harus mengejar angka baik," tegas Jokowi terkait pembangunan infrastruktur yang harus dilakukan terlebih dahulu.