Jual Patung Tak Terlihat, Pria Ini Untung Rp261 Juta

Nurul Faradila

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Jual Patung Tak Terlihat, Pria Ini Untung Rp261 Juta
Foto: Oddity Central

Winnetnews.com -  Seorang seniman asal Italia bernama Salvatore Garau, belum lama ini menjual patung tak terlihat yang dibuatnya kepada seorang kolektor di acara lelang seharga 15.000 Euro atau Rp261 juta.

Penjualan patung yang tidak terlihat ini, sama seperti saat orang-orang membeli aset digital berupa skin video game, aksesoris, atau aset non-fungible (NFT) yang sedang populer saat ini. Diberi nama ‘I am’ karya seni tak kasat mata buatan Salvatore, pada dasarnya mewakili kekosongan, ruang yang secara teknis kosong yang sebenarnya ditempati oleh energi patung.

Melansir Oddity Central, kolektor yang membeli patung tidak terlihat karya Salvatore Garau, akan mendapatkan sertifikat keaslian ‘I am’ untuk membuktikan kepemilikannya.

Untuk meyakinkan para pembeli, Salvatore Garau menyarankan untuk menyimpan karya seninya itu di ruangan khusus. Sebisa mungkin ruangan tersebut tidak mempunyai sekat dan berukuran 150x150 cm. Pencahayaan khusus dan kontrol iklim menurutnya adalah pilihan.

“Hasil lelang yang sukses membuktikan fakta yang tak terbantahkan: kekosongan tidak lain adalah ruang yang penuh energi, dan bahkan jika kita mengosongkannya dan tidak ada yang tersisa, menurut prinsip ketidakpastian Heisenberg bahwa ketiadaan memiliki bobot,” kata Salvatore Garau.

“Oleh karena itu, ia memiliki energi yang mengembun dan mengubah dirinya menjadi partikel, singkatnya, di dalam kita! Ketika saya memutuskan untuk ‘memamerkan’ patung immaterial di ruang tertentu, ruang itu akan memusatkan kuantitas dan kepadatan pemikiran tertentu pada titik yang tepat, menciptakan patung yang dari judul saya saja akan mengambil bentuk yang paling bervariasi. Lagipula, bukankah kita memberi bentuk pada Dewa yang belum pernah kita lihat?” sambungnya.

Salvatore Garau menganggap pahatannya yang tak terlihat sebagai metafora yang sempurna di zaman sekarang. Ini juga tampaknya lebih unggul dari karya seni NFT baru, karena tidak hanya unik, tapi juga tidak mungkin direproduksi dan tidak memiliki dampak lingkungan.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...