Jualan Sayur Demi Jadi Sarjana, Kisah Amirudin Viral di Medsos
Foto: Kumparan
Viral

Jualan Sayur Demi Jadi Sarjana, Kisah Amirudin Viral di Medsos

Senin, 2 Mar 2020 | 17:53 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Amirudin, pria asal Wukirsawit, Jatisuryo, Karanganyar tak pernah menyangka kalau usahanya selama ini bekerja sebagai penjual sayur dapat membuatnya menjadi seorang sarjana. Pada Sabtu (29/02) lalu, Amirudin baru saja menyelesaikan kuliahnya di jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidkan (FKIP) di Universitas Tunas Pembangunan, Solo, Jawa Tengah.

Di hari wisudanya, Amirudin datang menggunakan toga dan mengendarai motor yang biasa digunakan saat berjualan. Sepeda motor tersebut dipenuhi dengan buah-buahan, sayuran, dan beragam bumbu dapur yang biasa dijajakannya setiap hari.

Semua barang dagangan tersebut dibawanya lantaran ia ingin membagikannya kepada teman-temannya, sebagai bentuk rasa syukur. Selama berkuliah, Amirudin memilih kelas nonreguler agar ia bisa bekerja di pagi hari dan baru kuliah pada malam harinya.

image0

Profesi ini sudah ditekuni oleh Amirudin sejak ia berusia 17 tahun, tepatnya tahun 2009 silam. Biasanya pria yang mendapatkan IPK 3,36 ini akan bangun subuh untuk mulai berjualan.

“Saya bangun pagi buta. Saya sempatkan Salat Tahajud lalu Salat Subuh. Selanjutnya saya belanja di Pasar Matesih dan Pasar Jumantono dan langsung keliling ke Jatiyoso sampai pukul 13.00 WIB atau 14.00 WIB,” kata Amirudin dikutip dari Solopos.com.

Pria berusia 27 tahun ini mampu memperoleh keuntungan bersih sekitar Rp. 100.000 per hari atau Rp. 3 juta setiap bulannya. Uang yang didapatkannya ini tidak hanya digunakan oleh Amirudin untuk biaya sekolahnya saja, tapi juga disisihkannya agar bisa membantu orangtuanya.

image1

Kisah Amirudin ini pun viral dan banyak menginspirasi warganet. Tak hanya mendapatkan respon positif dari warganet, Rektor UTP Surakarkarta, Prof Tresna Priyana Soemardi mengatakan kalau Amirudin adalah contoh yang baik untuk mahasiswa lain.

“Saya mengucapkan selamat atas raihan S1 yang didapatkannya (Amirudin). Saya berpesan jangan berhenti belajar,” ujarnya dikutip dari Kumparan.

Amirudin memberikan pesan kepada generasi muda untuk tidak malu dan memandang rendah pekerjaan apapun. Karena pekerjaan tersebut dapat dijadikan sebagai motivasi untuk memperoleh cita-cita yang diimpikan.

TAGS:
viralsarjanajual sayurJawa Tengah

RELATED STORIES

Loading interface...