Kaitan antara Kebahagiaan dan Pereda Stres
ilustrasi
Lifestyle

Kaitan antara Kebahagiaan dan Pereda Stres

Senin, 6 Apr 2020 | 06:35 | Rusmanto
Winnetnews.com - Stres akan selalu ada di hidup orang-orang, mulai dari anak kecil, orang dewasa, hingga lansia. Tidak jarang stres merusak suasana hati hingga rasa bahagia di hidup Anda. Namun, tahukah Anda bahwa kebahagiaan ternyata dapat menjadi salah satu pereda stres. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Benarkah kebahagiaan bisa menjadi pereda stres?

image0

Stres dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Entah saat bekerja di kantor menghadapi tumpukan pekerjaan yang tidak selesai atau ketika berada di rumah menerima omelan dari anggota keluarga karena masalah sepele. Akan tetapi, tidak selamanya stres berdampak buruk terhadap kesehatan Anda. Ada pula stres yang justru baik bagi diri sendiri. 

Menurut National Institute of Mental Health, stres justru akan memberikan sinyal kepada tubuh agar bersiap dari ancaman dan pergi ke tempat yang aman dalam situasi berbahaya. Kondisi ini normalnya dapat membuat jantung berdetak lebih cepat, napas lebih cepat, otot menegang, dan otak Anda pun menggunakan lebih banyak oksigen.

Apabila terjadi saat situasinya tidak membahayakan jiwa, stres justru memotivasi orang lain untuk melakukan yang terbaik, seperti wawancara pekerjaan baru atau tes beasiswa. 

Walaupun demikian, pada kenyataannya kebanyakan orang merasa stres buruk bagi kehidupan mereka. 

Stres memang tidak dapat dihilangkan, tetapi bisa dikelola melalui berbagai aktivitas seru. Misal, berolahraga, berjalan di tengah alam, atau meditasi. Namun, satu tantangan yang sering dialami oleh banyak orang, terutama pekerja kantoran, yaitu sulit menemukan waktu yang tepat. 

Kabar baik bagi Anda yang kurang dapat mengatur waktu untuk mengelola stres dengan olahraga atau meditasi. Kebahagiaan ternyata dapat menjadi salah satu pereda stres yang cukup efektif. Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk tetap merasa bahagia. Misal, menonton video lucu, makan cokelat, atau sekadar mengelus hewan peliharaan. 

TAGS:
pereda stresgaya hidup

RELATED STORIES

Loading interface...