Kaitan antara Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Kesehatan Tubuh

Rusmanto

Dipublikasikan 5 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Kaitan antara Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Kesehatan Tubuh
ilustrasi
Winnetnews.com -  Memiliki gigi dan mulut yang sehat, tentu mendukung kesehatan tubuh. Namun, tak banyak yang sepenuhnya menyadari bahwa kondisi kesehatan oral sungguh berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lalu, apa saja yang mungkin terjadi jika kesehatan gigi dan mulut tidak terjaga dengan baik?

Kaitan kesehatan gigi dan mulut dengan kesehatan tubuh keseluruhan

image0

Kesehatan gigi dan mulut sama pentingnya dengan kesehatan bagian tubuh lainnya sehingga gigi dan mulut perlu dirawat agar tetap bersih dan sehat.

Kuman mudah masuk ke dalam tubuh dari organ yang aktif terbuka, salah satunya rongga mulut. Ketika kita mengonsumsi sesuatu atau bahkan berbicara, selalu ada peluang kuman masuk melalui rongga mulut.

Berdasarkan Mayo Clinic, kuman dapat berdiam di sela-sela gigi atau area mulut, bahkan masuk ke dalam aliran darah maupun sistem pernapasan. Bentuknya yang kecil dan tak kasat mata, membuat kita tidak menyadari ada kuman yang dapat menyelinap masuk ke dalam tubuh.

Kuman atau bakteri yang menumpuk dan diam di dalam rongga mulut dapat menyebabkan infeksi pada bagian gigi maupun gusi. Gigi dapat berlubang, serta gusi mengalami peradangan sehingga memicu terjadinya periodontitis.

Periodontitis merupakan infeksi gusi yang dapat membahayakan jaringan lunak. Bahkan, jika tidak ditangani, periodontitis dapat berkembang sehingga menyebabkan gigi rontok.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...