Kaitan Antara Makan Ramen dan Risiko Serangan Jantung dan Stroke
ilustrasi
Kesehatan

Kaitan Antara Makan Ramen dan Risiko Serangan Jantung dan Stroke

Senin, 9 Des 2019 | 17:58 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Salah satu makanan khas Jepang yang kini mulai digandrungi banyak orang adalah ramen. Tak hanya tersedia di tempat makan yang menyediakan makanan khas Jepang, ramen kini juga bisa didapatkan dalam bentuk instan yang bisa dibuat sendiri. Masalahnya adalah di balik rasanya yang nikmat, ramen ternyata juga menyimpan bahaya kesehatan.

Ramen Terkait dengan Risiko Serangan Jantung dan Stroke

Dalam penelitian yang dilakukan di Jichi Medical University, Jepang, disebutkan bahwa ada kaitan antara prevalensi konsumsi ramen dengan kematian yang dipicu oleh serangan jantung dan stroke di berbagai prefektur (semacam provinsi) di Jepang. Hasil dari penelitian ini kemudian dipublikasikan dalam Nutritional Journal.

Para peneliti membagi empat jenis makanan dalam penelitian ini, yakni ramen, makanan cepat saji, makanan khas Barat dari Perancis atau Italia, serta udon dan soba. Para peneliti juga mengecek seberapa banyak porsi makanan ini dikonsumsi di setiap prefektur dan kemudian memperhatikan beberapa jenis faktor seperti usia, jenis kelamin, dan angka kematian akibat stroke serta serangan jantung pada tahun 2017.

Hasil dari penelitian ini adalah, wilayah dengan restoran ramen terbanyak layaknya Tohoku, Kanto Utara, serta Kyushu bagian Selatan cenderung memiliki kasus kematian yang dipicu oleh stroke jauh lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah lain dengan jumlah restoran ramen lebih sedikit.

“Meskipun termasuk dalam makanan yang sangat populer di Jepang, dalam realitanya makanan ini tinggi kandungan karbohidrat dan garam yang kurang baik bagi kesehatan. Hal ini bisa mempengaruhi risiko serangan jantung dan stroke dengan signifikan. Semakin sering dikonsumsi, semakin besar risiko terkena masalah-masalah kesehatan ini,” ucap salah satu peneliti.

Sayangnya, penelitian ini tidak mengungkap apakah jenis ramen yang dikonsumsi adalah ramen instan atau ramen khas tempat makan. Hal ini disebabkan oleh ramen instan yang dianggap lebih kurang sehat dibandingkan dengan ramen khas tempat makan.

TAGS:
makan ramenserangan jantungstroke

RELATED STORIES

Loading interface...