Kalau 7 Ciri-ciri Ini Terjadi Dalam Hidupmu, Berarti Kamu Butuh Sendiri, dan Liburanlah!

Fellyanda Suci Agiesta
Fellyanda Suci Agiesta

Kalau 7 Ciri-ciri Ini Terjadi Dalam Hidupmu, Berarti Kamu Butuh Sendiri, dan Liburanlah! Foto: Pexels

WinNetNews.com - Sehari-hari kamu sudah terlalu sibuk. Bahkan kamu sempat melupakan kesehatan mental dan fisikmu. Kamu memerlukan waktu sendiri untuk bisa menyegarkan pikiranmu. Penting untuk diingat manfaat dari menghabiskan waktu sendirian. Kamu perlu bersantai, membaca, atau melakukan setiap hal sendiri.

"Waktu sendiri adalah kunci untuk memulihkan keseimbangan dalam hidup kita," kata penulis dan pelatih kehidupan Kali Rogers kepada Bustle. Kamu perlu menenangkan pikiranmu selama lebih dari 30 menit sehari, sudah waktunya, ini benar-benar akan memfokuskan kembali hidupmu.

"Tubuh dan otak butuh waktu untuk menutup diri dan bersantai agar bisa berfungsi maksimal," kata terapis yang berbasis di NYC, Kimberly Hershenson, LMSW. Saat sendiri, kamu bisa mengatasi masalah yang bebas dari gangguan. Jadi sejak kapan kamu mulai untuk menyendiri?

1. Segalanya mengganggu pikiranmu

Bila kamu terlambat untuk cuti, mungkin akan sulit untuk mengatur emosimu. "Kami mulai merasa terganggu dan dipicu oleh hal-hal kecil yang biasanya tidak mengganggu kami dan kesabaran kami untuk orang lain berkurang," kata Rogers. "Kapan pun kamu mulai merasa gelisah, luangkan waktu sebentar dan tanyakan pada diri sendiri apa yang telah kamu lakukan selama seminggu terakhir ini." tambahnya.

2. Kamu mulai merasa kewalahan dengan tugasmu

Jika kamu mulai merasa terbebani oleh tugas terkecil, catatlah. "Jika membutuhkan energi yang berlebihan bagimu untuk menyelesaikan tugas terkecil, ini adalah pertanda bahwa kamu telah melakukannya terlalu lama," kata Rogers. . Bila itu terjadi, mungkin sudah saatnya menghabiskan malam sendirian, semua demi kesehatan mental itu.

3. Kamu kurang inspirasi

"luangkan waktu sebentar untuk diri sendiri," katanya. "Kesendirian membuat hati bertambah tajam, jadi sangat menyenangkan untuk melakukan istirahat yang sangat dibutuhkan untuk meremajakan minatmu." tambahnya.

4. Kamu tidak peduli tentang apapun

Kamu benar-benar berhenti peduli tentang semuanya, tentang apapun itu. Meskipun ini mungkin pertanda hal lain, seperti depresi, terapis Julienne B. Derichs, LCPC mengatakan bahwa ini mungkin juga pertanda bahwa kamu memerlukan waktu istirahat. "Kamu perlu memiliki 'hari libur' untuk mengisi ulang baterai dalam dirimu. Ini sangat penting untuk kesehatan mentalmu," katanya.

5. Kamu tidak tahu apa yang kamu inginkan

Meluangkan waktu untuk diri sendiri adalah cara penting untuk tetap selaras dengan diri sendiri. Jadi, jika kamu merasa kehilangan minat dalam dirimu, sebaiknya pikirkan. "Luangkan waktu untuk memberi apa yang benar-benar penting bagimu adalah beberapa pemikiran serius," kata Derich.

6. Kamu benar-benar terkuras

kamu sudah sangat lelah tapi sulit tidur, mungkin ada yang tida benar pada kesehatan mentalmu. Perasaan ini adalah akibat langsung dari gaya hidup yang terlalu menguras tenaga. Dan itu tidak baik.

7. Kamu semakin cemas

Kecemasan ekstra adalah tanda lain yang harus diperhatikan. Seperti yang Hershenson katakan, kekurangan waktu sendiri dapat menyebabkan terlalu stres, yang dapat membuat kegelisahan menjadi lebih buruk.