Kamu Bisa Tau Kepribadian Seseorang Dari Emoticon yang Digunakan Saat Chattingan Lho

Oky
Oky

Kamu Bisa Tau Kepribadian Seseorang Dari Emoticon yang Digunakan Saat Chattingan Lho

WinNetNews.com - Wajah tersenyum dengan mata berbentuk hati, tanda jempol yang artinya menyukai, karakter - karakter seperti itu pasti sering kamu temukan jika sedang melakukan chatting dengan seseorang. Dan kamu perlu tahu, kalau ada penelitian yang menunjukkan penggunaan emoji dan emoticon dapat mengungkapkan ciri-ciri kepribadian.

Psikolog Linda Kaye, Stephanie Malone, dan Helen Wall melakukan penelitian untuk lebih memahami hubungan manusia dari jenis komunikasi cyber. Kertas forum mereka diterbitkan dalam Tren Ilmu Kognitif.

Para penulis melakukan dua studi pendamping. Pertama melihat bagaimana pertimbangan psikologis berdampak pada penggunaan emoji dalam pesan teks, Facebook, dan email. Para peserta diberikan emoji dan penggunaan emoticon, serta keterkaitan dengan kepribadian mereka. Mereka kemudian memberikan informasi dari Facebook mereka dan terlibat dalam percakapan sepuluh menit dengan pengguna yang tidak diketahui, dengan instruksi untuk terlibat secara alami mungkin.

"Analisis Sifat mengungkapkan bahwa keramahan berhubungan positif dengan penggunaan emoticon yang dituliskan sendiri di Facebook, tapi tidak dalam teks-teks atau email," tulis para penulis dalam makalah mereka.

Para peserta menganalisis profil Facebook dan percakapan dari peserta dalam studi pertama dan kemudian dinilai apa kesan pertama mereka.

Penelitian ini mengungkapkan mereka yang menggunakan emoticon positif "senang" yang lebih mudah untuk setuju, lebih terbuka dan teliti.

Emoji dinilai dalam menambahkan emosi untuk percakapan, tapi berpikir dua kali tentang mana yang kamu pilih, karena mungkin diambil dengan cara yang salah.

"Orang-orang membuat penilaian tentang kami didasarkan pada bagaimana kita menggunakan emoji, dan mereka tidak selalu akurat. Apa yang kita perlu sadari adalah bahwa penilaian mereka mungkin berbeda, tergantung pada di mana atau siapa emoji yang kamu gunakan untuk mereka, seperti di tempat kerja atau di antara anggota keluarga." ungkap co-penulis Linda Kaye

Meskipun banyak psikologi di balik emoji dan penggunaan emoticon tetap tidak diketahui, para peneliti mengatakan mereka berharap untuk lebih memahami "persimpangan antara orang dan interaksi online dan bagaimana manusia alam dapat tercermin melalui media digital."