Kamu Kecanduan Coklat? Bisa Dihilangkan dengan Cara Ini
Foto: Pexels
Lifestyle

Kamu Kecanduan Coklat? Bisa Dihilangkan dengan Cara Ini

Kamis, 16 Mar 2017 | 09:58 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Kecanduan coklat memang bukan hal yang baru terdengar. Satu gigitan coklat, bisa mengubah mood kamu menjadi baik kembali. Tapi terlalu banyak makan coklat juga bisa menjadi petaka untuk tubuhmu, jadi gemuk.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan makanan yang dihasilkan dari cokelat, bisa membuat suasana hati senang dan ketagihan, seperti minum obat. Tetapi jika kamu mencoba untuk mengatur diri dari kelezatan dan hal-hal manis lainnya, sebuah studi baru mungkin menawarkan beberapa harapan.

Menurut penelitian oleh Flinders University School of Psychology di Australia, kesadaran bisa memegang kunci untuk membatasi ngidam makan cokelat. Ya, kata kunci di beberapa tahun terakhir ternyata belum digunakan lagi.

Penelitian ini didasarkan pada pemeriksaan apa yang dikenal sebagai "teori menguraikan gangguan keinginan."

Intinya adalah proses dua langkah yang menjelaskan mengapa kita menginginkan makanan.

Pertama "gangguan awal", yang mana makanan menangkap perhatian kita (sering disebabkan oleh isyarat lingkungan seperti gambar). Hal ini diikuti oleh "penguraian citra jiwa", di mana kita fokus dan terobsesi (di mana gambar terlihat hidup dari keinginan menjadi ketagihan).

Para peneliti berusaha mencari tahu apakah kesadaran bisa membantu memerangi kedua bagian dari proses.

Mereka menguji dua kelompok wanita - mereka semua penggemar cokelat tapi ingin mengurangi konsumsi coklat, dan yang lainnya yang mengklaim mereka tidak terlalu sibuk tentang cokelat.

Para peserta secara acak dibagi dan diminta untuk mencoba salah satu dari dua teknik mindfulness:

Defusion kognitif - metode ini dimaksudkan untuk mengatasi tahap pertama dari keinginan atau ketika pikiran pertama adalah cokelat di kepalamu. Caranya adalah dengan segera menjauhkan diri dari keinginan dan "melihatnya sebagai sesuatu yang tidak perlu harus diikuti dengan tindakan," kata para peneliti.

Guided imagery - ini menargetkan tahap kedua dari hasrat. Setelah Anda mulai membayangkan rasa, bau dan rasa cokelat, kamu harus menggantinya dengan gambar lain seperti hutan tenang atau pantai yang sepi.

Para ilmuwan mengukur pengalaman perempuan tentang cokelat, bagaimana mengganggu pikiran-pikiran mereka, betapa hidup gambaran dalam pikiran mereka itu, intensitas keinginan dan berapa banyak mereka pada akhirnya memakan. Mereka menemukan bahwa defusion kognitif menurunkan campur tangan dari pikiran terkait cokelat, kejelasan citra dan intensitas keinginan untuk kedua kelompok wanita

Menariknya, teknik pencitraan dipandu hanya bekerja pada cokelat-pecinta, yang telah mengurangi intensitas pengalaman terkait cokelat, campur tangan, kejelasan dan keinginan. Para peneliti percaya bahwa temuan ini bisa bermanfaat bagi siapa pun yang mencoba untuk memerangi masalah mengidam cokelat atau makanan lainnya.

TAGS:
kecanduan cokelatmakan coklatcoklat

RELATED STORIES

Loading interface...