Kamu Ngaku Goweser? Simak Dulu Perbedaan 7 Jenis Sepeda Berikut Ini
Sepeda makin ngetren di masa wabah pandemi virus corona. (Foto: Holamigo)
Traveling

Kamu Ngaku Goweser? Simak Dulu Perbedaan 7 Jenis Sepeda Berikut Ini

Kamis, 2 Jul 2020 | 13:23 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Tren bersepeda kini kembali bangkit di tengah wabah pandemi virus corona di Indonesia. Pada zaman penjajahan, sepeda menjadi transportasi utama bagi kaum pribumi maupun para bangsawan.

Tak perlu bensin untuk mengayuh, hanya perlu tenaga kaki sebagai "motor" atau penggerak sepeda dari tempat asal ke tempat tujuan. Namun seiring perkembangan zaman dan teknologi yang kian pesat, penggunaan sepeda pun mulai berkurang.

Meski begitu, pergeseran alat transportasi dari sepeda ke kendaraan bermotor pun tak sedikit masalah yang ditimbulkan akibat penggunaan mesin yang terus menerus. Misalnya, polusi udara, mesin yang perlu dirawat rutin, pembaruan sparepart motor atau mobil, dan perintilan lain yang perlu diperhatikan tentu menambah beban kita.

Berangkat dari permasalahan kendaraan bermotor, kini budaya bersepeda kembali "naik daun", terlebih banyak warganet yang memposting aktivitas bersepeda, baik itu sebagai olahraga atau hanya sekadar berkeliling menghirup udara segar tanpa polusi.

Dikutip Merdeka.com, Rabu (24/6), berikut ini tujuh jenis sepeda yang tengah populer yang wajib kamu tahu fungsinya.

Sepeda Gunung

Sepeda gunung menjadi salah satu jenis sepeda yang paling populer di dunia. Jenis sepeda ini didesain untuk melewati berbagai kondisi jalan, seperti jalan yang berlubang, berlumpur, serta tanjakan terjal. Sepeda gunung dilengkapi dengan suspensi yang empuk sehingga dapat membuat pengendara nyaman saat melewati jalanan yang terjal.

image0
Ilustrasi sepeda gunung. (Foto: Bike Hike Tours)

Di samping itu, jenis sepeda ini memiliki ukuran ban yang cukup besar dan dilengkapi dengan ulir ban yang bergerigi. Sehingga hal ini dapat membuat pengendara bisa menyeimbangkan sepeda saat berada di jalan yang terjal, licin, dan berlumpur. Sepeda gunung biasanya juga akan dilengkapi dengan helm, tentunya hal ini disesuaikan fungsi jenis sepeda ini yang tak jarang melewati jalanan berbahaya.

TAGS:
sepedaTrentransportasi

RELATED STORIES

Loading interface...