Kanker Payudara Karena Keturunan?
ilustrasi
Kesehatan

Kanker Payudara Karena Keturunan?

Selasa, 12 Nov 2019 | 06:31 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Data WHO menyebutkan bahwa pada tahun 2011 setidaknya terdapat 508 ribu perempuan yang meninggal dunia akibat kanker payudara. Sedangkan di Indonesia sendiri, data Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa kejadian kanker payudara di Indonesia mencapai 0,5 per 1000 perempuan pada tahun 2013. Selain itu,  deteksi dini pada 644.951 perempuan usia produktif telah dilakukan oleh Kementerian Kesehatan sejak tahun 2007 hingga 2013 dan ditemukan sebanyak 1.682 perempuan yang terdapat benjolan pada payudaranya.

Pada umumnya, perempuan yang usianya telah melebihi 50 tahun, mempunyai peluang terkena kanker payudara lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan yang berusia lebih muda. Lalu,  apakah benar kanker payudara dapat diturunkan?

Hubungan gen dengan kanker

Kanker dapat terjadi karena sel salah dalam membuat ‘kode’ ketika melakukan replikasi DNA, hal ini disebut dengan mutasi gen. Mutasi gen dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja dalam hidup kita. Pada sebagian orang yang mengalami kanker pada usia muda, mungkin mutasi gen telah terjadi lebih dahulu akibat adanya rangsangan dan pemicu dari faktor lingkungan. 

Namun hal ini membutuhkan waktu yang lama, oleh karena itu sebagian besar orang mengalami kanker pada usia tua atau dewasa. Kanker juga dapat disebabkan akibat keturunan, mutasi gen telah terjadi pada generasi sebelumnya dan diturunkan ke generasi selanjutnya.

TAGS:
kankerkanker payudara

RELATED STORIES

Loading interface...