Kapan Waktu yang Tepat Berjemur di Pagi Hari?
ilustrasi
Kesehatan

Kapan Waktu yang Tepat Berjemur di Pagi Hari?

Sabtu, 4 Apr 2020 | 07:35 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Berjemur di pagi hari kini menjadi aktivitas yang digandrungi masyarakat dari segala kalangan. Bukan tanpa alasan, semua orang ingin berusaha sekuat tenaga demi mencegah penularan Covid-19 yang tengah mewabah. Berbagai narasi soal berjemur pun bertebaran di media sosial, mulai dari waktu yang paling efektif untuk melakukannya hingga manfaat di balik aktivitas sederhana tersebut.

Sayangnya, tidak semua informasi soal berjemur yang beredar di media sosial 100% akurat. Ada beberapa hal keliru yang terlanjur menyebar dan dipercaya banyak orang. Padahal, Anda perlu memerhatikan beberapa hal jika ingin mengambil manfaat besar dari berjemur di pagi hari. Jika salah langkah, Anda justru akan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Lantas, apa saja hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum berjemur di pagi hari? Informasi keliru apa yang perlu dikoreksi dan penting untuk Anda ketahui?

Apa manfaat berjemur di pagi hari?

Sebelum mengulas lebih jauh tentang berjemur, Anda perlu mengetahui apa saja fungsi atau kegunaan kegiatan sederhana tersebut. Berjemur di pagi hari dianjurkan demi kesehatan Anda. Fungsinya adalah untuk menyerap manfaat UVB untuk mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D di dalam tubuh.

Manfaat berjemur di pagi hari tidak akan efektif jika Anda melakukannya tanpa memperhatikan hal penting lainnya. Berjemur harus disertai dengan asupan gizi yang seimbang. Hal ini karena fungsi berjemur adalah mengaktivasi “bahan baku” vitamin D yang ada di tubuh agar berfungsi.

Seperti diketahui, vitamin D punya banyak manfaat untuk tubuh Anda. Nutrisi itu penting bagi tulang, sel, darah, dan sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin D juga membantu tubuh Anda menggunakan mineral tertentu, seperti kalsium dan fosfor.

TAGS:
kesehatanberjemur pagi harisinar matahari

RELATED STORIES

Loading interface...