Keberhasilan Lawan ISIS, PM Irak Umumkan Kemenangan Atas ISIS di Fallujah

Ahmad Mashudin

Dipublikasikan 5 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Keberhasilan Lawan ISIS, PM Irak Umumkan Kemenangan Atas ISIS di Fallujah

WinNetNews.com - Pasukan Irak memasuki pusat Kota Fallujah yang diduduki oleh kelompok militan ISIS pada Jumat 17 Juni 2016, empat pekan setelah dimulainya operasi pembebasan kota penting di Provinsi Al Anbar itu.

Dengan bantuan serangan udara dari Amerika Serikat (AS), pasukan Pemerintah Irak merebut gedung-gedung pemerintahan dan mulai melakukan pengejaran terhadap pasukan pemberontak ISIS yang masih menguasai sejumlah wilayah di dalam kota.

Keberhasilan ini disambut Perdana Menteri (PM) Irak Haider Al Abadi yang segera mengumumkan kemenangan pihaknya atas ISIS di Fallujah pada Jumat malam.

Dalam deklarasi kemenangannya yang dilansir Reuters, Sabtu (18/6/2016), PM Abadi mengatakan bahwa pasukan Irak telah memperketat kendali di dalam kota meskipun masih ada beberapa kantong-kantong yang perlu dibersihkan dalam beberapa jam ke depan.

Pernyataan serupa disampaikan Menteri Pertahanan AS Ash Carter beberapa saat sebalum deklarasi kemenangan dari PM Abadi. Carter mengatakan, pasukan Irak telah berhasil mengambil alih sebagian wilayah kota, meskipun dia menambahkan masih ada pertempuran yang berlangsung.

Militer Irak memulai operasi pembebasan Fallujah pada 23 Mei 2016 dengan dukungan beberapa kekuatan militer lain seperti milisi Syiah, pejuang Kurdi, dan serangan udara dari AS. Kota ini merupakan posisi yang digunakan ISIS sebagai tempat peluncuran roket-roketnya untuk menyerang Ibu Kota Baghdad. 

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...